Berita
Gubernur Khofifah saat menghadiri sidang paripurna istimewa HUT RI ke 78 tahun 2023
Berita Dewan

Jatim Siap Terapkan Hilirisasi Sektor Industri Sesuai Pidato Jokowi

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menilai, pidato yang disampaikan oleh Presiden Joko Widodo, pada sidang tahunan MPR RI dalam rangkat HUT Kemerdekaan RI ke 78 tahun 2023, mengajak membangun sinergitas dan produktifitas.

Anik Hasanah Rabu, 16 Agustus 2023

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menilai, pidato yang disampaikan oleh Presiden Joko Widodo, pada sidang tahunan MPR RI dalam rangkat HUT Kemerdekaan RI ke 78 tahun 2023, mengajak membangun sinergitas dan produktifitas.

Terlebih pada momentum memasuki tahun politik ini, Jokowi, lanjut Gubernur Khofifah, sinergitas dan produktifitas tersebut, dapat dibangun dengan berbagai capaian pembangunan yang telah diwujudkan oleh Indonesia.

"Bahwa betapa public trust secara internasional ke Indonesia mengalami peningkatan. lalu indeks kompetitifnes juga mengalami peningkatan yang cukup signifikan," katanya, seusai sidang paripurna istimewa di Gedung DPRD Jatim, Rabu (16/8/2023).

Artinya, lanjut Gubernur Khofifah bahwa apa yang sudah menjadi target, mulai dari hilirisasi yang disebut oleh Jokowi beberapa kali dalam pidatonya, lalu industri manufaktur menjadi bagian penting untuk bisa menjadi catatan bersama.

"Bahwa hilirisasi sektor industri, terutama dari sektor pertambangan, itu akan memberikan nilai tambah yang signifikan, tapi harus sabar dulu. Dalam waktu satu, dua tahun, mungkin belum terlalu tampak," terangnya.

Ketika hilirisasi semakin masif, bisa dibangun industrinya di Indonesia,  kata Gubernur Khofifah, maka peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui pertumbuhan ekonomi hijau, industrinya industri hijau, ini sudah harus menjadi satu kesatuan dari program untuk membangun Indonesia kedepan.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Jatim, Anwar Sadad memuji pidato Presiden Jokowi. Dimana menggambarkan betapa Indonesia yang telah berusia 78 tahun ini, kuat dan memiliki Sumber Daya Alam.

"Oleh karena itu strateginya, beliau sampaikan tadi, harus ada strategi yang tepat juga, agar itu dapat dikapitalisasi menjadi kekuatan bangsa kita," katanya.

Bahkan, juga disampaikan progresnya dari tahun ke tahun terkait dengan Indeks Pembangunan Manusia (IPM), hingga Pendapatan Perkapita.

Yang mana 10 tahun yang akan datang USD 10.000 sampai 22 tahun yang akan datang ketika Indonesia memasuki Indonesia emas 2045, targetnya USD 25.000 pendapatan perkapita.