Berita
Berita Dewan

Komisi E Jatim Tinjau Sungai Badeng Singojuruh Banyuwangi

Komisi E Jatim Tinjau Sungai Badeng Singojuruh Banyuwangi

Mukriel Selasa, 08 Januari 2019

Komisi E Jatim Tinjau Sungai Badeng Singojuruh Banyuwangi

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah DPRD Provinsi Jawa Timur mengagendakan Kunjungan Kerja ke Kecamatan Singojuruh Banyuwangi Selasa (8/1).

Kegiatan kunjungan kerja yang diikuti oleh Pimpinan dan Anggota Komisi E bidang Kesejahteran Rakyat ini juga dihadiri kepala BPBD Jatim Suban Wahyudiono, Kepala Bakorwil Banyuwangi Tjahyo, Danramil dan Polsek setempat, tersebut guna untuk meninjau sungai Badeng Singojuruh yang mengalami langganan banjir tahunan.

Sungai Badeng Kecamatan Singojuruh Banyuwangi dikeluhkan oleh warga sekitar karena kerap berkali-kali terimbas banjir pasir dan lumpur, karena faktor jembatan yang dibangun di zaman Belanda ini, terdapat bentangan tengah yang menghambat aliran air yang disertai matrial hutan yang terbawa arus air sehingga tidak bisa dihindari menyebabkan air meluber dihantaran sungai tersebut.

Akibatnya terimbas 14 desa dari Kecamatan Singojuruh, Ronggojampi, Blimbingsari, rumah sebanyak 420 KK sekitar 1300 jiwa terendam air dan lumpur kisaran setebal 1,5 meter bahkan lebih.

Politisi asal Fraksi PAN DPRD Jatim Suli Da’im, mengatakan BPBD, Bakorwil, Perhutani, dan PU diminta segera melakukan koordinasi untuk mencarikan alternatif solusi. “kita sepakat akan melakukan rapat kordinasi bersama jajaran terkait mencari solusinya  bencana banjir tahunan disini.”