Berita
Berita Dewan

Aufa Dzafiri, Dorong Jamkrida Beri Jaminan bagi Petani dan UMKM

Aufa Dzafiri, Dorong Jamkrida Beri Jaminan bagi Petani dan UMKM

Siti Kamis, 10 Januari 2019

Aufa Dzafiri, Dorong Jamkrida Beri Jaminan bagi Petani dan UMKM

Masih rendahnya Nilai Tukar Rupiah (NTP) di Jatim, Anggota Komisi C DPRD Jatim, Aufa Zhafiri mendorong PT Jamkrida untuk melakukan jemput bola dengan memberikan jaminan kepada para petsni khususnya dan UMKM pada umumnya. Diharapkan dengan jaminan ini membuat mereka mudah mendapatkan  jaminan dari bank untuk mendapatkan kredit.

"Kita tahu rata-rata para petani dan UMKM tidak bankable. Sehingga tak heran mereka kesulitan untuk mendapatkan pinjaman atau kredit dari bank. Untuk itu Jamkrida harus melakukan jemput bola sebagai jaminan mereka,"tegas politikis asal Partai Gerindra ini.

Aufa mencontohkan dengan apa yang dilakukan oleh Jamkrida Jateng. Dimana BUMD ini mampu meningkatkan NTP para petani dan UMKM yang sebelumnya rendah kini meningkat seiring dengan kepercayaan bank untuk memberikan pinjaman.

Seiring dengan kondisi tersebut, pihaknya berharap Jamkrida Jatim meniru apa yang dilakukan oleh Jamkrida Jateng. Hal itu untuk mendorong angka kemiskinam di Jatim menurun serta menekan kerja rentenir yang selama ini menjadi jujugan para petani untuk mendapatkan hutang yang notabene menjerat mereka di lubang kemiskinan.