Berita
Komisi B

Jadi Langganan, Jatim Tiap Tahun Krisis Pupuk

Jadi Langganan, Jatim Tiap Tahun Krisis Pupuk

Try Wahyudi Kamis, 10 Desember 2020

Jatim hingga akhir tahun 2020 masih mengalami krisis pupuk. Temuan ini dibeberkan oleh anggota Komisi B DPRD Jatim Daniel Rohi. Politisi asal PDIP ini mengaku mendapat pengaduan dari  petani  di beberapa daerah di Jatim atas kelangkaan pupuk tersebut.

“ Masalah kelangkaan pupuk tiap tahun bukan hal yang baru di Jatim,”jelas politisi asal PDIP saat dikonfirmasi di Surabaya, Kamis (10/12/2020).

Pria asal Atambua ini mengungkapkan untuk mengatasi kelangkaan pupuk, perlu ada pembenahan tata niaga pupuk. “Perlu keterlibatan BUMDes dalam penyaluran pupuk subsidi di Jatim,”jelasnya.

Dibeberkan Daniel Rohi, alasannya dilibatkan BUMDes dalam penyaluran pupuk karena mengetahui langsung kebutuhan pokok pupuk diwilayahnya.

“ tahu jumlah stoknya dan konsumennya jelas yang menerima pupuk tersebut,”sambungnya.

Untuk mengatasi kelangkaan pupuk, ungkap Daniel Rohi, pihaknya juga berharap kedepan adanya anggaran dari APBD Jatim maupun APBD kabupaten/kota untuk memberikan subsidi pupuk.

“ Jangan mengharapkan bantuan subsidi dari pusat saja. Kalau perlu anggaran pertanian di Pemprov maupun kabupaten/kota dinaikkan untuk memberikan subsidi pupuk. Idealnya 2 persen dari total anggaran,”jelasnya.