Berita
Pimpinan DPRD

DPRD Jatim Siap Mendukung Surabaya Menjadi Tuan Rumah Yang Aman dan Ramah Pada Piala Dunia U20

DPRD Jatim Siap Mendukung Surabaya Menjadi Tuan Rumah Yang Aman dan Ramah Pada Piala Dunia U20

Anang Supriyono Sabtu, 12 Desember 2020

Wakil Ketua DPRD Jatim Sahat Tua Simanjuntak menegaskan Jatim siap menjadikan event Piala Dunia U20 sukses sesuai arahan Pemerintah pusat.

Pernyataan Sahat ini disampaikan disela sela pimpinan dewan Jatim ini menghadiri  Pembukaan Youth Juggling Competition di Surabaya. Sesuai penegasan Menpora Zainuddin Amali, kata Sahat Surabaya ditunjuk sebagai salah satu tempat pertandingan pada Piala Dunia U20 tahun 2021.

"Jawa Timur khususnya Surabaya harus siap dengan kepercayaan ini. Dan kami dari DPRD Jatim siap mendukung, dengan nantinya mendorong mitra kerja komisi E seperti KONI, PSSI Jatim dan Pemprov Jatim  melakukan komunikasi untuk membicarakan terkait kebutuhan anggaran," jelas
Sahat, Sabtu (12/12/2020) di Surabaya.

Karena ini adalah event bergengsi, Sahat menegaskan secara prinsip Jatim siap menjalankan apa yang menjadi kepercayaan untuk Jatim, "Intinya kita siap mendukung persepakbolaan di Jatim sesuai inpres no 13 tahun 2019, tentang pembangunan persepakbolaan di Indonesia. Apalagi tadi Pak Menpora sudah menyebut Jatim harus menjadi garda terdepan dalam pembinaan sepak bola di Indonesia," kata Politisi Golkar Jatim ini.

Sahat menambahkan bahwa
Kepercayaan ini sekaligus bisa dimanfaatkan untuk mengenalkan Jatim pada dunia Internasional. "Kita punya banyak tempat wisata, dan potensi kuliner. Ini kan bagus untuk promo Jatim di mata Internasional," tandasnya Politisi penyuka olah raga tinju dan yudo ini.
 
Kepastian Surabaya menjadi salah satu dari 6 kota yang akan menjadi event sepak bola dunia ini ditegaskan Menteri Pemuda dan Olah Raga (Menpora) Zainuddin Amali saat memberi sambutan pada acara dimulainya acara Youth Juggling Competition di Surabaya, sekaligus menjadi kota penutup lomba ketrampilan individu mengolah bola di 6 kota di Indonesia, Sabtu (12 /12/ 2020).  

Zainuddin Amali  berharap Jawa Timur dan Surabaya secara khusus menyambut dengan baik perhelatan yang rencananya digelar Mei-Juni 2021 tersebut. Semua tamu perwakilan negara peserta Piala Dunia U-20 sebisanya mendapatkan kenyamanan dan keamanan selama berada di tanah air.

"Surabaya dipastikan menjadi tuan rumah (Piala Dunia U-20). Maka saya berharap Jatim khususnya Surabaya menjadi tuan rumah yang ramah, aman dan nyaman. Jangan kalah dengan kota-kota yang lain," tegas mantan anggota DPR RI dapil Madura tersebut.

Kemenpora, kata dia, juga terus mempersiapkan diri. Salah satunya dengan mengadakan Youth Juggling Competition yang digelar di enam kota. Selain Surabaya, ada Bandung, Solo, Bali, Palembang, Jakarta.

"Ini jadi pengisi waktu buat anak-anak muda kita yang punya keinginan, punya minat dan bakat di sepak bola, yang karena situasi pandemi Covid-19 belum bisa melakukan kegiatan di lapangan. Maka kita kreasi supaya bisa mengisi waktunya," jelasnya.

Selain Sahat Tua Simanjuntak, hadir juga Ketua Umum PSSI Mochammad Iriawan, Sekdaprov Jatim Heru Tjahjono, dan sejumlah Pengurus PSSI Pusat dan Jatim.
Seperti diketahui Indonesia akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U20, dan 6 kota sudah ditetapkan menjadi tempat pertandingan yaitu Jakarta, Bandung, Bali, Palembang, Solo dan Surabaya.