Berita
Ketua DPRD Provinsi Jawa Timur Kusnadi
Pimpinan DPRD

Ketua DPRD Jatim Berharap Pertambangan Galian C Jadi Perhatian Forkopimda

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Timur, Kusnadi meminta dan berharap agar proses pertambangan ijin galian C di Jatim untuk diperhartikan oleh pemerintah provinsi dan juga aparat penegak hukum di Jatim.

Panca Indra Rabu, 25 Januari 2023

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Timur, Kusnadi meminta dan berharap agar proses pertambangan ijin galian C di Jatim untuk diperhartikan oleh pemerintah provinsi dan juga aparat penegak hukum di Jatim.

Menurut Kusnadi, permasalahan pertambangan galian C ini pihaknya selalu mendapatkan keluhan dari masyarakat mulai legalitas pertambangan tersebut setelah diberlakuknya UU Minerba No. 3 tahun 2020 dimana seluruh ijin diambil oleh pusat, sehingga menjadi indikator proses galian C saat ini tidak ada yang mengurus di Provinsi.

"Dengan adanya peralihan pengurusan perijinan tambang ke pusat membuat marak pertambangan galian C di provinsi menjadi liar, dan ini harus segera ditertibkan, apabila dibiarkan akan merusak lingkungan," katanya Kusnadi usai menghadiri FGD Pertambangan di Whyndam Surabaya, Selasa (24/1/22023).

Lebih lanjut, ia menyampaikan tahun 2023 ini masuk tahun politik apabila permasalahan pertambangan galian C tidak diantisipasi pihaknya khwatir akan menimbulkan masalah - masalah dikemudian hari yang bisa mengganggu stabilitas di Jatim.

"Kegiatan FGD Pertambangan yang dilakukan oleh Forkopimda ini bagus sekali, dalam rangka mengantisipasi kemungkinan gesekan - gesekan kecil ditengah masyarakat. Dan pihak DPRD Jatim mendukung hasil - hasil dari FGD tersebut untuk membantu sosialisasi ke masyarakat terutama masalah pertambangan,"pungkasnya.