Berita
Kusnadi, Ketua DPRD Provinsi Jawa Timur.
Pimpinan DPRD

Empat Tahun Kepemimpinan Khofifah-Emil, Begini Kesan dan Penilaian Ketua DPRD Jatim Kusnadi

Jelang memasuki empat tahun masa kepemimpinannya pada Senin (13/2/2023), Ketua DPRD Jawa Timur, Kusnadi memberikan kesan dan penilaian tersendiri. Menurut dia, selama empat tahun menjabat, keduanya adalah sosok pemimpin yang humble kepada masyarakat.

Wanto Senin, 13 Februari 2023

Surabaya - Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak secara resmi telah dilantik sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Jawa Timur masa jabatan 2019-2024 pada Rabu (13/2/2019) lalu.

Jelang memasuki empat tahun masa kepemimpinannya pada Senin (13/2/2023), Ketua DPRD Jawa Timur, Kusnadi memberikan kesan dan penilaian tersendiri. Menurut dia, selama empat tahun menjabat, keduanya adalah sosok pemimpin yang humble kepada masyarakat.

"Beliau (Khofifah Indar Parawansa), selalu bersama masyarakat untuk bagaimana menyerap aspirasi masyarakat dengan baik. Dan kemudian apa yang menjadi aspirasi itu dijadikan sebagai suatu kebijakan," kata Kusnadi ditemui di Surabaya, Sabtu (11/2/2023).

Sebagai Ketua DPRD Jatim, Kusnadi mengaku paham betul terhadap sosok Gubernur Khofifah. Bagi dia, sosok mantan Menteri Sosial RI itu setiap membuat kebijakan selalu mengedepankan orientasi masyarakat.

"Selama empat tahun kami DPRD Jawa Timur bekerja sama dengan Gubernur Jatim, dalam hal ini Ibu Khofifah, kita berjalan dengan bagus," ungkap Politisi PDI Perjuangan tersebut.

"Dan seiring kita saling mendukung dengan semata-mata bagaimana kemudian kita memberikan yang terbaik untuk kepentingan masyarakat," lanjut dia.

Ia berpendapat, bahwa selama kepemimpinan Gubernur Khofifah, sinergitas dan kebersamaan antara Pemprov dan DPRD Jatim sudah berjalan baik. Seperti misalnya, ketika berjibaku bersama menghadapi Covid-19 di Jawa Timur.

"Menghadapi Covid-19 itu bisa kita selesaikan secara bersama-sama. Itu merupakan suatu cobaan yang luar biasa. Saya pikir bukan hanya Jawa Timur tapi bagi Indonesia dan dunia," kata Kusnadi.

"Tapi kemudian contoh yang dibuat Presiden Joko Widodo, kebersamaan gotong-royong, yang kemudian beliau (Gubernur Khofifah) implementasikan di Jawa Timur, kita bisa selesaikan Covid-19," sambungnya.

Sebagai legislatif sekaligus mewakili masyarakat Jawa Timur, Kusnadi juga memiliki harapan besar sebelum masa akhir jabatan Gubernur Khofifah. Ia berharap, Gubernur Khofifah bisa membuat legacy khusus yang mendalam bagi masyarakat Jawa Timur.

"Sudah banyak legacy, tapi mungkin ada satu legacy yang bersifat khusus bisa memberikan suatu kesan yang mendalam bagi masyarakat," tandasnya.