Berita
Acara workshop oleh Anggota DPRD Provinsi Jawa Timur
Berita Dewan

Anggota DPRD Jatim Gus Tamim Ajak Masyarakat Jaga Keutuhan NKRI

Anggota DPRD Provinsi Jawa Timur H. Ahmad Tamim yang dikenal dengan nama Gus Tamim mengadakan seminar Wawasan Kebangsaan. Seminar Wawasan Kebangsaan (Wasbang) bertema 'Merajut Dalam Kebhinekaan"

Gegeh Bagus S Minggu, 05 Maret 2023

Anggota DPRD Provinsi Jawa Timur H. Ahmad Tamim yang dikenal dengan nama Gus Tamim mengadakan seminar Wawasan Kebangsaan.

Seminar Wawasan Kebangsaan (Wasbang) bertema 'Merajut Dalam Kebhinekaan" 

Acara ini berlangsung di BKM Desa Karangsono, Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar, Minggu (5/3/2023). 

Gus Tamim kepada peserta bahwa wawasan kebangsaan mengatakan, Wasbang adalah cara pandang bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya.

Lebih mengutamakan kesatuan dan persatuan wilayah dalam penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

"Wasbang ini mengandung komitmen dan semangat persatuan untuk menjamin keberadaan dan peningkatan kualitas kehidupan bangsa dan bernegara," ujar Gus Tamim.

Dalam kerangka NKRI, wawasan kebangsaan adalah cara kita sebagai bangsa Indonesia di dalam memandang diri dan lingkungannya untuk tujuan nasional.

 

"Tujuan nasional yang mencakup perwujudan kesatuan politik, sosial budaya, ekonomi dan pertahanan keamanan, dengan berpedoman pada falsafah Pancasila dan UUD 1945," papar pengasuh Pondok Pesantren Jati Sanan, Kamulan, Talun, Blitar.

Anggota Komisi A DPRD Provinsi Jatim ini menjelaskan, ada empat pilar kebangsaan yang harus diketahui yaitu, Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka tunggal ika. Hal ini adalah satu kesatuan dalam mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur.

Dalam acara wawasan kebangsaan ini para peserta diberi waktu tanya jawab tentang kebhinekaan dan kepemudaan.

Legiskator PKB itu berharap, agar masyarakat menjaga persatuan dan kesatuan NKRI. Serta menumbuhkan rasa kecintaan terhadap tanah air, sadar berbangsa dan bernegara setia kepada idiologi pancasila.

 

Hadir dalam acara tersebut, Camat Kanigoro, Kades Karangsono, Pemuda Karang Taruna, Ketua Tanfidziyah MWC NU Kanigoro, tokoh masyarakat dan para tamu undangan.