Berita
Anggota komisi B DPRD Jawa Timur Agusdono Wibawanto
Komisi B

Satgas Pangan Diminta Kuat Pengawasan Saat Ramadan 1444 H

Satgas Pangan Diminta Kuat Pengawasan Saat Ramadan 1444 H

Try Wahyudi Kamis, 23 Maret 2023

Antisipasi adanya penimbunan bahan pokok saat ramadan perlu dilakukan secara maksimal oleh satgas pangan di Jatim. Pengawasan ekstra ketat perlu dilakukan untuk menghindari gejolak ditingkat pasar jika ada kenaikan bahan pokok.

Anggota komisi B DPRD Jawa Timur Agusdono Wibawanto mengatakan saat ramadhan 1444 H sekarang ini, pihaknya berharap seluruh jajaran satgas pangan di Jawa Timur untuk terus melakukan pengawasan sebagai antisipasi adanya penimbunan bahan pokok (bapok) ditingkat lapangan.

"Jangan sampai ada gejolak harga bahan pokok saat ramadhan. Kami berharap satgas sesering mungkin melakukan razia atau operasi untuk mencegah adanya penimbuhan bahan pokok. Jika masyarakat menemukan adanya penimbunan bahan pokok, tentunya bisa melaporkan ke pihak berwajib dalam hal ini satgas pangan setempat,"jelas politisi Demokrat ini, Kamis(23/3/2023).

Pria asal Malang ini mengatakan pengawasan satgas pangan tersebut selain mencegah adanya penimbunan juga  diharapkan agar  jalur distribusi bahan pokok dari distributor hingga ke tangan konsumen tidak terganggu atau mengalami keterlambatan yang bisa berpotensi menyebabkan kenaikan harga.

"Distribusi ke pasar untuk menuju ke konsumen harus dalam pengawasan ketat,"tandas mantan ketua fraksi Demokrat DPRD Jawa Timur ini.

Sekedar diketahui, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menjamin harga bahan pangan pokok stabil memasuki puasa Ramadhan 1444 H.Mendag pun menyebutkan sejumlah komoditas yang harganya masih stabil  sampai awal
Ramadhan di antaranya bawang, telur ayam, daging ayam dan beras Bulog yang masih murah di beberapa tempat seperti di Surabaya, Mojokerto dan Mamuju.

Adapun berdasarkan data terakhir Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional harga komoditas pangan pada Rabu, 22 Maret cenderung turun sejak 3 hari terakhir.

Seperti beras Rp13.250 per kg. Lalu, daging ayam Rp35.000 per kg, daging sapi Rp133.800 per kg, telur ayam Rp29.850 per kg.

Kemudian harga bawang merah turun menjadi Rp37.400 per kg, bawang putih Rp33.500 per kg cabai merah Rp49.700 per kg, cabai rawit Rp60.350 per kg, minyak goreng Rp19.350 per kg dan gula pasir Rp15.000
per kg.