Berita
Anggota Komisi E DPRD Jatim Hikmah Bafaqih
Berita Dewan

International Women's Day, Dewan Jatim Ajak Perempuan Cerdas Manfaatkan Teknologi Informasi

Anggota Komisi E DPRD Jatim Hikmah Bafaqih mengajak kepada kaum perempuan untuk cerdas memilih serta memanfaatkan platform digital dalam kehidupan sehari hari.

Anik Hasanah Rabu, 08 Maret 2023

Setiap tanggal 8 Maret diperingati sebagai Hari Perempuan Internasional atau International Women's Day. 

Dimana pada tahun 2023 ini tema yang diusung adalah "DigitALL: Innovation and technology for gender equality" atau "DigitALL: Inovasi dan teknologi untuk kesetaraan gender". 

Tema tersebut akan berfokus pada peran teknologi dan pendidikan digital secara global bagi kaum perempuan.

Anggota Komisi E DPRD Jatim Hikmah Bafaqih mengajak kepada kaum perempuan untuk cerdas memilih serta memanfaatkan platform digital dalam kehidupan sehari hari.

"Ayo kita cerdas memilih, kita cerdas melakukan dan memanfaatkan teknologi informasi, memanfaatkan gadget kita, menggunakan semua platform digital kita, platform media sosial kita dengan cara yang bijak," ujarnya kepada RRI Surabaya, Selasa (7/3/2023).

Meskipun terdapat kesetaraan gender dalam penggunaan media sosial maupun teknologi informasi, bagaimanapun juga, lanjut Hikmah Bafaqih, perempuan juga sebagian adalah seorang Ibu yang akan dicontoh oleh anak anaknya.

"Terutama karena kita perempuan, adalah bagian yang harus menginsprasi anak anak kita, karena kita perempuan adalah Ibu bagi semua yang ada di sekitar kita," imbuhnya.

Oleh karena itu, lanjut Hikmah Bafaqih, perempuan jangan hanya sebagai 'budak' terhadap kemajuan teknologi informasi, namun menjadi 'majikan' sehingga bisa mengendalikan media sosial, bukan dikendalikan.

"Seberapa tergantung kita pada gadget. etergantungan itu untuk hal hal yang produktif atau tidak produktif. Perubahan gaya hidup seperti apa yang kemudian terjadi pada diri kita dan perempuan perepmpuan di sekitar kita," tuturnya.

Hikma Bafaqih mengajak kepada kaum perempuan untuk mencermati serta memahami berbagai informasi yang terdapat pada platform media sosial. Ia tidak ingin, justru perempuan terjerumus dengan informasi media sosial yang menyesatkan.