Berita
Hj. Anik Maslachah,  Wakil Ketua  DPRD Jatim
Reses

Fokus pada Pengembangan dan Penguatan Sektor UMKM Sidoarjo

Sektor UMKM masih menjadi fokus utama bahasan dalam rangkaian reses 1 Tahun 2023, Dra Aniek Maslacha. MS.i Selain efektif sebagai sarana pendongkrak keterpurukan ekonomi saat pandemi covid 19. UMKM juga akan tetap mampu memperkuat kesejahteraan masyarakat di tengah kondisi dunia yang sedang dilanda krisis global. Apalagi UMKM mampu mensupporting PDRB mencapai 58 persen. Untuk itu. Program program dan upaya mengembangkan UMKM perlu terus digenjot agar mampu mendongkrak prerekonomian nasional.

Norah Hasanah Rabu, 29 Maret 2023

Sektor UMKM  masih menjadi fokus utama  bahasan dalam rangkaian reses 1 Tahun 2023, Dra Aniek Maslacha. MS.i  Selain efektif sebagai sarana pendongkrak  keterpurukan ekonomi saat pandemi covid 19. UMKM juga akan tetap mampu memperkuat kesejahteraan masyarakat di tengah  kondisi dunia yang sedang dilanda krisis global.  Apalagi  UMKM mampu mensupporting PDRB  mencapai 58 persen. Untuk  itu. Program program dan upaya mengembangkan   UMKM  perlu terus digenjot  agar mampu mendongkrak prerekonomian  nasional.

 

Aniek yang juga ketua Perempuan Bangsa, DPW PKB Provinsi Jatim  juga mengfasilitasi akses dana  permodalan bagi pelaku UMKM dengan mengagendakan pertemuan para pelaku UMKM dengan bank BPR, Bank Jatim dan Bank UMKM Jatim. Harapannya, pinjaman lunak yang difasilitasi  bank pemodal mampu memajukan  dan penguatan aktifitas UMKM  lebih berdaya lagi.

Hai ini disampaikan Aniek saat memberikan sambutan pada kegiatan reses 1 Tahun 2023 , pada  rerses hari kedua dalam rangkaian reses yang berlamgsung mulai mulai 22 sampai  29 Maret 2023.   Mengambil lokasi di warkop Joko Kendil  Desa Wadung asir, Buduran Sidoarjo/ Reses  yang bertujuan menyerap  aspirasi warga masyarakat sebanyak banyaknya ini  diharapkan mampu  memenuhi berbagai keinginan dan   permintaan masyarakat yang disaampaikan saat berlangsungnya acara resess.

‘Sudah ada komitmen yang kuat dari pemprov Jawa Timur untuk pengembangan usaha UMKM. Salah satunya lewat program pro kesra. Tahun 2022 sudah diluncurkan program pro kesra yang alokasinya Rp10 juta per UMKM. Alhamdulillah, tahun ini alokasinya bisa mencapai Rp250 juta. Ini bentuk keberpihakan pemprov  yang nyata pada pelaku sektor UMKM,"  jelas  Wakil Ketua DPRD Jatim  dari PKB  yang berangkat dari Dapil Jatim 2 Sidoarjo.

Perhatian besar Aniek terhadap sektor UMKM  tercermin dari  pembahasan   dan motivasi seputar UMKM  yang selalu ia sampaikan dalam setiap kegiatan reses. Juga upaya memajukan UMKM  dengan mengfasilitasi  berbagai aksess baik  mulai mengurus perijinan , program pelatihan, program pendampingan , dan  tehnik pemasaran melalui medsos sampai akses bantuan pinjaman lunak dari pemodal.

Upaya terus meningkatkan kualitas produk UMKM agar mampu bersaing di pasar  juga perjadi perhatian serius  politisi perempuan senior PKB  ini.  dengan mengagendakan pertemuan dengan Dinas Perdagangan dan Dinas Koperasi UMKM  Sidoarjo.