Berita
Ketua DPRD Provinsi Jatim, Kusnadi SH., M.Hum
Reses

Bijak dan Antisipatif Sikapi Munculnya Berita Hoaks

Ancaman krisis global yang melanda dunia juga kondisi negara kita Indonesia yang sedang menghadapi tahun politik semoga tetap mampu berlangsung kondusif. Kondisi dunia memang belum benar benar aman, melihat harga BBM yang terus naik dan juga gandum, dua produk andalan Rusia dan Ukraina yang sedang dilanda perang. Tetapi Kusnadi SH.M.Hum berharap masyarakat semakin bijak menyikapi setuasi yang sedang berlangsung.

Norah Hasanah Rabu, 29 Maret 2023

Ancaman  krisis global yang melanda dunia juga kondisi negara kita Indonesia yang sedang menghadapi tahun politik semoga tetap mampu berlangsung kondusif.  Kondisi dunia memang belum benar benar aman, melihat harga BBM yang terus naik dan juga  gandum, dua produk andalan Rusia dan Ukraina yang sedang dilanda perang.  Tetapi  Kusnadi SH.M.Hum berharap masyarakat semakin bijak menyikapi setuasi yang sedang berlangsung. Dalam situasi memasuki tahun politik saat ini, masyarakat Jatim tetap menjaga kondusifitas dan tidak terpengaruh berita berita bohong atau hoaks yang banyak bermunculan saat ini. Hal ini disampaikannya saat menggelar reses 1 Tahun 2023, hari ke empat  yang digelar di  Dusun Gajah,  Mergesari Kecamatan,  Sidoarjo, Rabu (29/03/23).

Pria yang juga menjabat Ketua DPRD Provinsi Jatim yang berangkat dari  Dapil Jatim2, Sidoarjo ini tetap mengingatkan pentingnya bersikap bijak dan penuh kehati-hatian dalam menyikapi santernya  berita berita hoak.

“Bijak menyikapi berita-berita hoaks yang  sangat meresahkan.  Masyarakat Jatim harus bisa memfilter dan memilah milah mana berita yang baik dan mana berita-berita hoaks .  Apalagi waktunya bertepatan dengan tahun politik ini,” kata  Kusnadi dalam sambutannya .  

Jika tidak dicegah bersama sama dengan memutus rantai penyebarannya, maka dikawatirkan mampu menimbulkan resiko fatal  yang memicu efek negatif yakni terjadinya gesekan dan benturan antar masyarakat,. Sehingga, perlu langkah langkah untuk  mengantisipasinya yang harus dipahami masyarakat  luas.

“Saya kasih contoh  perihal  berita terkait  rumah Presiden di Solo yang  digeledah KPK.  Yang berita ini oleh masyarakat ditelan mentah mentah, padahal jelas jelas berita hoaks,. Ini sangat  membahayakan apalagi kalau masyarakat sampai terpancing kebenarannya.” , ujar politisi senior PDIP ini..

Kusnadi juga berpesan  masyarakat harus tetap adem, ayem trentrem menyikapi berbagai pemberitaan palsu yang muncul di tengah masyarakat. Meskipun kita sedang menghadapi tahun politik jelang pemilu 2024,  stabilitas dan kondusifitas masyarakat di Jawa Timur harus tetap terjaga aman.

Jika tidak ada kehati-hatian,  masyarakat akan mudah termakan tipuan hoax dan  ikut menyebarkan informasi palsu itu, tentunya akan sangat merugikan bagi pihak korban fitnah 

Maka, hati-hati dengan judul provokatif,  cermati alamat situs  apa sudah terverifikasi sebagai institusi pers resmi.  Periksa fakta, dari mana berita berasal dan siapa sumbernya,  Sebaiknya jangan cepat percaya apabila informasi berasal dari pegiat ormas, tokoh politik, atau pengamat.

Perhatikan keberimbangan sumber berita. Jika hanya ada satu sumber, pembaca tidak bisa mendapatkan gambaran yang utuh.