Berita
Hj. Lilik Hendarwati, Anggota DPRD Jatim Dapil Surabaya saat kegiatan sosial di Dapil
Berita Dewan

Mayoritas Incumbent DPRD Jatim di Dapil 1 Masih Dipilih Masyarakat

Pemilu akan digelar pada 14 FebruariĀ  2024, atau kurang dari setahun lagi. Suhu politik pun mulai menghangat menjelang tahun politik.

Tubagus Diday Senin, 10 April 2023

Pemilu akan digelar pada 14 Februari  2024, atau kurang dari setahun lagi. Suhu politik pun mulai menghangat menjelang tahun politik.

 

Meski sempat diterpa isu hibah. Namun kepercayaan masyarakat tidak pudar pada wakil mereka di parlemen. Terbukti, masih tingginya kepercayaan masyarakat pada Anggota DPRD Jatim. Setidaknya hal itu bisa terlihat di daerah pemilihan 1 (Kota Surabaya).

 

"Mayoritas masyarakat masih memilih anggota DPRD Jatim saat ini. Setidaknya, itu yang terlihat di dapil 1 (Surabaya)," kata Direktur Eksekutif Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI), Baihaki Sirajt, Senin (10/4/2023).

 

Survei dapil 1 untuk DPRD Jatim yang dilakukan ARCI periode 15 - 25 Maret 2023 terlihat incumbent masih menjadi pilihan masyarakat. Dari delapan teratas, enam diisi incumbent. Hanya ada dua non incumbent yang masuk delapan besar.

 

Berikut ini incumbent yang masuk delapan besar, Hadi Dediyansah (Gerindra) 3,9 persen, Blegur Prijanggono (Golkar) 3,9 persen, Lilik Hendarwati (PKS) 3,8 persen, Agustin Poliana 3,7 persen, Agatha Retnosari 3,1 persen (PDI Perjuangan) dan Hartoyo (Partai Demokrat) 2,1 persen.

 

Sementara dari non incumbent ada dua nama yakni Warsito (NasDem) 2,6 persen dan Hani Fidyanto (PKB) 2,1 persen. Ada 52,3 persen responden yang memilih menjawab tidak tahu atau tidak menjawab.

 

"Ini potret dapil 1 untuk DPRD Jatim yang kuotanya delapan kursi. Setidaknya ini gambaran hari ini," ujar Baihaki.

 

Sementara itu, anggota DPRD Jatim Dapil 1 Lilik Hendarwati mengaku hasil survei itu menguatkan semangat dirinya dan para pendukung di dapil. Menurutnya, apa yang ia lakukan selama ini untuk masyarakat Surabaya adalah kewajiban sebagai wakil rakyat.

 

Lilik selama ini dikenal aktif melakukan pemberdayaan kepada kaum perempuan, pelaku UMKM, majelis taklim ibu-ibu, hingga pengemudi ojek online (ojol). Ia tergolong rajin turun ke bawah, bahkan di luar jadwal reses.

 

"Insya Allah selalu semangat menguatkan untuk memberikan kemanfaatan pada masyarakat," tutur perempuan berkerudung tersebut.