Berita
Perda Pemberdayaan Desa Wisata memiliki peran penting terhadap peningkatan angka wisatawan di Jawa Timur.
Berita Dewan

Komisi B Gencarkan Sosialisasi Perda Pemberdayaan Desa Wisata

Kab. Jember - Anggota Komisi B DPRD Provinsi Jawa Timur Karimullah Dahrujiadi menegaskan Perda Pemberdayaan Desa Wisata memiliki peran penting terhadap peningkatan angka wisatawan di Jawa Timur. Hal ini disampaikan dalam Sosialisasi Perda Nomor 4 tahun 2022 tentang Pemberdayaan Desa Wisata di Hotel Aston Jember, Jumat (20/10/2023).

Riko Abdiono Jumat, 20 Oktober 2023

Kab. Jember -  Anggota Komisi B DPRD Provinsi Jawa Timur Karimullah Dahrujiadi menegaskan Perda Pemberdayaan Desa Wisata memiliki peran penting terhadap peningkatan angka wisatawan di Jawa Timur. Hal ini disampaikan dalam Sosialisasi  Perda Nomor 4 tahun 2022 tentang Pemberdayaan Desa Wisata di Hotel Aston Jember, Jumat (20/10/2023).

“Melalui sosialisasi ini kami ingin menghimbau betapa penting peran Perda Pemberdayaan Desa Wisata pada angka kunjungan wisatawan pada suatu wilayah,” ujarnya.

“Kami juga ingin memotivasi masyarakat terutama kalangan millenial untuk mengexplorasi potensi wisata di wilayah masing-masing agar potensi-potensi yang ada diwilayah mereka dapat lebih dikenal masyarakat diluar kawasan mereka,” imbuhnya.

Selain itu Karimullah Dahrujiadi juga mendorong perangkat desa setempat menciptakan Kelompok Sadar Wisata (POKDARWI) sebagai upaya peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) disekitar lokasi wisata. 

“Kami juga ingin sekali mendorong perangkat desa di sekitar lokasi wisata untuk menciptakan POKDARWIS untuk meningkatkan SDM,” tegasnya.

‘Melalui POKDARWIS ini kami juuga berharap kolompok-kelompok ini dapat menggabungkan potensi wisata derah dengan kebudayaan tradisional seperti tari, musik atau seni  pertunjukkan lainnya untuk meningkatkan angka wisatawan,” tutup Karimullah Dahrujiadi.