Berita
Ketua Fraksi Gerindra DPRD Jawa Timur, Muhamad Fawait
Reses

Gus Fawait Ajak Emak- Emak Berwirausaha Untuk Tambah Pendapatan

Ketua Fraksi Gerindra DPRD Jawa Timur, Muhamad Fawait komitmen untuk mengentas kemiskinan di Jember, terutama masyarakat yang tinggal di daerah pedesaan, pinggir hutan dan perkebunan. Pengentasan kemiskinan itu dengan memberi pelatihan berwirausaha. 

Adi Suprayitno Senin, 04 Desember 2023

Ketua Fraksi Gerindra DPRD Jawa Timur, Muhamad Fawait komitmen untuk mengentas kemiskinan di Jember, terutama masyarakat yang tinggal di daerah pedesaan, pinggir hutan dan perkebunan. Pengentasan kemiskinan itu dengan memberi pelatihan berwirausaha. 

 

Menurut pria yang akrab dipanggil Gus Fawait tersebut, biasanya masyarakat yang tinggal pinggir hutan, pedesaan hidupnya pas-pasan. Maka, dalam serap aspirasi di Desa Sidodadi, Kecamatan Tempu Rejo, Jember, Gus Fawait mengumpulkan ratusan emak-emak yang hidup di pinggir hutan dan pedesaan.

 

"Kita tahu kemiskinan biasanya ada di pinggir hutan, kebun, dan desa. Maka reses kali ini digelar di pinggir hutan, kebun dan desa," ujar Gus Fawait, saat serap aspirasi di Desa Sidodadi, Senin 4 Desember 2023.

 

Bendahara PW Ansor Jatim itu menjelaskan, dirinya sengaja mengundang ratusan emak-emak, karena perannya sangat penting dalam mengentas kemiskinan. Ia menilai selama ini emak-emak di pedesaan, pinggir hutan dan perkebunan kurang produktif. Maka, lewat majelis pengajian, Gus Fawait ingin memberi pelatihan agar emak-emak menjadi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk mengangkat ekonomi keluarga.

 

"Kita tahun peran emak-emak sangat penting dalam mengentas kemiskinan, karena emak-emak dianggap kurang produktif. Maka lewat majelis pengajian, diberi pelatihan untuk mengangkat ekonomi keluarga," terangnya.

 

Putra Pengasuh Pondok Pesantren Al Qodiri Jember, KH Muzaki Syah itu menegaskan, jika ekonomi masyarakat terdongkrak, maka ia optimis penderita stunting bisa dicegah dan minimalisir. Mengingat saat ini angka penderita stunting di Jember masih tinggi.

 

"Kita tahu di kabupaten Jember angka stunting tinggi di Jatim. Penderita stunting lebih buruk daripada gizi buruk. Karena mempengaruhi pertumbuhan anak-anak," paparnya.

 

Dengan ekonomi baik, dengan pemenuhan gizi yang cukup, Gus Fawait optimis pencegahan penderita stunting bisa optimal. Apalagi saat ini pasangan calon presiden dan calon wakil presiden, Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka mencanangkan program makan siang dan minum susu gratis, jika menang Pilpres.

 

"Emak-emak senang kalau ada salah satu calon presiden dan wakil presiden yakni Prabowo -Gibran untuk memberi makan siang gratis dan susu gratis ke anak-anak sekolah," ucapnya.

 

Pemberian makan siang dan minum susu gratis sangat berpengaruh pada perkembangan gizi anak Indonesia. Maka stunting bisa dikurangi lewat program makan siang gratis dan minum susu gratis