Berita
Rombongan dewan dari Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Provinsi Jatim
Berita Dewan

Sambangi Gedung Berlian, Banmus DPRD Jatim Studi Banding soal Penjadwalan Kegiatan Kedewanan

Rombongan dewan dari Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Provinsi Jatim menyambangi Gedung Berlian, Selasa (20/2/2024). Para dewan dari ujung timur Pulau Jawa itu diterima Kepala Bagian Humas Sekretariat DPRD Provinsi Jateng Andi Susmono. Pada kesempatan itu, Anggota DPRD Provinsi Jatim Agung Mulyono menjelaskan maksud kedatangan untuk melakukan studi banding terkait tugas dan fungsi Banmus DPRD.

Gegeh Bagus S Selasa, 20 Februari 2024

Rombongan dewan dari Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Provinsi Jatim menyambangi Gedung Berlian, Selasa (20/2/2024). Para dewan dari ujung timur Pulau Jawa itu diterima Kepala Bagian Humas Sekretariat DPRD Provinsi Jateng Andi Susmono.

Pada kesempatan itu, Anggota DPRD Provinsi Jatim Agung Mulyono menjelaskan maksud kedatangan untuk melakukan studi banding terkait tugas dan fungsi Banmus DPRD. Selain itu, konsep yang digunakan DPRD Provinsi Jateng menjalankan banmus juga ditanyakan. “Dalam menjalankan kegiatan banmus tersebut terlaksana seperti apa?,” tanya Agung.

Menjawab hal itu, Andi Susmono menjelaskan selama ini ada sejumlah kegiatan DPRD Provinsi Jateng seperti kegiatan sosialisasi yang terlaksana dalam sebulan sebanyak 4 kali. Yakni, terbagi atas 2 hari pelaksanaan kegiatan media tradisional dan 2 hari pelaksanaan Focus Group Discussion (FGD) yang dihadiri oleh 100 peserta dan 3 narasumber.

“Pelaksanaan sosialisasi itu dilakukan di daerah dapil (daerah pemilihan) masing-masing Anggota DPRD,” ungkapnya.

Terkait konsep kunjungan kerja pun, lanjut Andi, disepakati dengan dilakukan secara sederhana dan fleksibel. Kunjungan dapil itu dilakukan di sebuah desa maupun kelurahan dengan ‘ngobrol’ bersama di balaidesa. Ternyata, cara itu dinilai lebih efektif dan efisien serta mudah dipahami oleh masyarakat.

“Untuk SPJ dan SPPD terkait dengan kunjungan dapil, sangat mudah karena cukup dengan mendapatkan stempel dari wilayah setempat misal kepala desa wilayah yang dikunjungi. Kunjungan dapil pun bisa dilakukan pada Sabtu atau Minggu,” jelas Andi.