Berita
Anggota komisi B DPRD Jawa Timur Daniel Rohi
Berita Dewan

Dewan Jatim Dukung Rintisan Kerjasama Dengan Thailand

Rintisan kerjasama antara Propinsi dan Jawa Timur disektor pertanian holtikultura diharapkan bisa mendatangkan kesejahteraan bagi petani holtikultura di Jawa Timur.

Try Wahyudi Senin, 04 Maret 2024

Rintisan kerjasama antara Propinsi dan Jawa Timur disektor pertanian holtikultura diharapkan bisa mendatangkan kesejahteraan bagi petani holtikultura di Jawa Timur.

"mengingat Thailand merupakan penghasil durian yang sangat baik dan dikenal atas teknologi pertanian mutakhir. Termasuk dalam penanaman dan pengolahan beras. Thailand sangat baik di bidang holtikultura, seperti durian lalu budidaya dan pengolahan pasca panen durian sangat bagus,"jelas anggota komisi B DPRD Jawa Timur Daniel Rohi saat dikonfirmasi, senin (4/3/2024).

Politisi PDI Perjuangan ini mengatakan hubungan ini akan dapat diperkuat di bidang pariwisata. Jawa Timur memiliki potensi luar biasa, begitu pula masyarakat Jatim yang tertarik dengan objek wisata di Thailand. Masyarakat Jawa Timur sendiri sudah akrab dengan Thailand sebagai salah satu destinasi pariwisata budaya, dan kuliner, terutama dengan dibukanya industri pariwisata halal di Thailand. Makanan dan jajanan Thailand yang tersertifikasi halal juga menjadi daya tarik bagi masyarakat Jatim.

" Tak hanya itu kami menyambut baik rencana pembukaan penerbangan langsung Surabaya-Bangkok,"jelas politisi asal Malang ini. Dibeberkan oleh dia, investasi Thailand di Jawa Timur sendiri sejak tahun 2010 hingga tahun 2023, dicatatkan sebanyak 7 bidang usaha di 5 kabupaten dan kota dengan nilai investasi sebesar USD 417.11 juta. Selain itu, terdapat 12 perusahaan dari Thailand di Jawa Timur.

"Thailand terus menginvestasikan dan mengusahakan perusahaan-perusahaan Thailand di Jatim. Kami mengapresiasi hal ini dengan mempertahankan kepercayaan investor. Dengan itu, Thailand juga berkontribusi pada investasi Jatim tahun 2023 yang melampaui target RPJMD, juga melampaui target capaian investasi nasional," ungkapnya.