Berita
Ketua komisi D DPRD Jawa Timur Agung Mulyono
Berita Dewan

Kembangkan Transportasi Berbasis Digital, Jawa Timur Bidik Kerjasama Dengan Republik Ceko

Ketua komisi D DPRD Jawa Timur Agung Mulyono mengatakan pihaknya berharap kerjasama antara Jawa Timur dan Republik Ceko bisa menghasilkan sistem transportasi yang berbasis digital.

Try Wahyudi Jumat, 08 Maret 2024

Ketua komisi D DPRD Jawa Timur Agung Mulyono mengatakan pihaknya berharap kerjasama antara Jawa Timur dan Republik Ceko bisa menghasilkan sistem transportasi yang berbasis digital.

Sekedar diketahui,Pj. Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono menerima kunjungan kerja Duta Besar (Dubes) Republik Ceko untuk Indonesia Jaroslav Dolecek di Gedung Negara Grahadi, beberapa waktu lalu.Dalam pertemuan ini, keduanya membahas tindak lanjut pengembangan kerjasama di sektor transportasi publik utamanya yang berbasis digital atau elektronik. Terutama untuk wilayah Gresik-Bangkalan-Mojokerto-Surabaya-Sidoarjo-Lamongan (Gerbangkertosusila).

Dimana saat ini Pemprov Jatim dalam pengembangan transportasi publik telah melakukan beberapa langkah. Utamanya pada proyek pengembangan
Surabaya Urban Mobility Plan (SUMP) yang menghubungkan wilayah Gerbangkertosusila.

“Saat ini sudah ada masterplan-nya. Serta kebutuhan Surabaya Raya ini sedang dibahas dan pengembangannya sangat dibutuhkan,” ucap politisi Demokrat ini, Jumat (8/3/2024).

Pria asal Banyuwangi ini mengatakan Skoda Group memiliki kemampuan yang baik dalam bidang transformasi transportasi elektrik yang terkenal di Eropa.

“Melihat potensi ini, Trans Jatim milik kita juga bisa bertransformasi menjadi elektrik bus atau e-bus. Nantinya ini juga akan bekerjasama dengan PT. INKA. Ke depan akan ada pertemuan khusus antara Skoda dengan Tim Project kita,” ucapnya. “ Skoda menawarkan digital solution, bukan hanya produk saja,” tambahnya.

Tidak hanya itu,lanjut Agung Mulyono, Jawa Timur secara terbuka menerima investasi dari Skoda Group utamanya pada transformasi pengembangan bus Trans Jatim menjadi elektrik.

“Saat ini load factor pada koridor I Trans Jatim mencapai 130%. Sehingga ini sangat memungkinkan investasi dari Skoda bisa masuk dengan memberikan bus yang berkapasitas besar. Ini sangat memungkinkan karena Trans Jatim berada dalam wewenang Pemprov Jatim,” jelasnya.

“Nantinya akan ada pertemuan lanjutan yang mempertemukan tim teknis Skoda dengan tim proyek khususnya di Dinas Perhubungan,” imbuhnya.

Terpisah, Pj Gubernur Jawa Timur Adhi Karyono mengatakan pertemuan pihaknya dengan pihak Ceko merupakan tindak lanjut pertemuan saat
gubernur Jawa Timur dijabat Khofifah Indar Parawansa., pada pertemuan kali ini Dubes Republik Ceko turut mengajak CEO Skoda Group, yang
merupakan perusahaan teknik Ceko yang berfokus pada pengembangan moda transportasi digital berbasis elektrik.

“Melihat itu, Skoda Group tertarik untuk investasi dan telah membahas bersama Menteri Perhubungan RI untuk bisa ikut pada proyek
pengembangan SUMP,” katanya. Lebih lanjut, Adhy mengatakan bahwa Skoda Group memiliki kemampuan yang baik dalam bidang transformasi
transportasi elektrik yang terkenal di Eropa.