Berita
Anggota Komisi C DPRD Provinsi Jatim. HJ Lilik Hendarwati
Berita Dewan

Konsisten di Program Pemberdayaan Perempuan dan Memajukan Kegiatan UMKM

Ucapan syukur dan bahagia karena lolos kembali sebagai anggota legislatif di DPRD Provinsi Jatim untuk periode yang kedua kalinya, adalah hal yang acap dilakukan HJ Lilik Hendarwati belakangan ini. Tidak hanya itu,  yang lebih penting yakni  ucapan terima kasih pada warga masyarakat dapil Jatim 1 meliputi kota Surabaya yang telah mendukung, memilih dan memberi kepercayaan penuh kepada dirinya untuk mewakili aspirasinya pada pemilu 2024 lalu.

Norah Hasanah Minggu, 17 Maret 2024

Ucapan syukur dan bahagia karena lolos kembali sebagai anggota legislatif di DPRD Provinsi Jatim untuk periode yang kedua kalinya, adalah hal yang acap dilakukan HJ Lilik Hendarwati belakangan ini. Tidak hanya itu,  yang lebih penting yakni  ucapan terima kasih pada warga masyarakat dapil Jatim 1 meliputi kota Surabaya yang telah mendukung, memilih dan memberi kepercayaan penuh kepada dirinya untuk mewakili aspirasinya pada pemilu 2024 lalu. Dengan perolehan suara di angka 57.534 suara yang berhasil dikumpulkannya, Lilik tidak hanya berhasil meningkatkan elektabilitas secara pribadi namun juga mendongkrak perolehan dukurangan untuk partai yang memberangkatkannya, PKS.

Meningkatnya simpati dan dukungan warga masyarakat kota Surabaya  terhadap satu satunya anggota perempuan di PKS DPRD Provinsi Jatim ini tak lain karena keaftikan ibu enam anak ini dalam mengimplementasikan berbagai program UMKM dan pemberdayaan masyarakat yang ditujukan mayoritas untuk kaum perempuan surabaya. Program ini tidak hanya pas dan cocok untuk meningkatkan kemandirian ekonomi keluarga juga meningkatkan kepesertaaan wanita dalam mendukung program pemerintah  pengentasan kemiskinan.

“ Di pemilu kali ini memang aku bekerja ekstra keras, hari hari berisi kegiatan door to door, dan terus mengenalkan program PKS  agar lebih dikenal dan dipahami masyarakat. Alhamdulillah di lapangan respon warga masyarakat terhadap kehadiran kami cukup positif dan diterima dengan baik” ujar  anggota Komisi C, DPRD Provinsi Jatim.

Selama menjalankan program sosialisasi ia mendapat pelajaran, di mana segala sesuatu tidak selalu menggunakan uang. Uang juga tidak cukup efektif untuk meningkatkan dukungan masyarakat. Ke depan istri salah satu Guru Besar ITS ini bertekat akan lebih fokus untuk memajukan kegiatan UMKM di kota Surabaya. Selain terbukti sebagai usaha  yang efektif meningkatkan  penghasilan paska pandemi, juga menjadi kegiatan positif yang disukai kelompok ibu ibu sebagai aktifitas produktif.

“ Ke depan tentunya kami akan lebih menata kegiatan UMKM ini  lebih  baik lagi. Lebih termenej dan  koordinatif  lagi, meningkatkan scala marketing lebih luas lagi. Meningkatkan kemampuan dan keahlian kaum ibu dalam memenej usahanya.  Saya akan melanjutkan terus dalam pemberdayaan ekonomi keluarga lewat usaha. Karena bagaimanapun juga ketika ekonominya itu stabil, masyarakat ini tentu akan lebih mudah ya untuk bisa memberikan pendidikan anaknya dengan baik, kemudian juga kesehatan dengan baik lepas dari apa yang sekarang diberikan fasilitas oleh pemerintah.” Paparnya.

“ Yang penting,  setidaknya dengan mereka bisa berdaya di rumah rumah mereka dengan mendapatkan penghasilan sendiri yang layak. Juga mudah mudahan usaha lancar  dan  membuat mereka punya harga diri tidak sekedar diberi suami. Karena produktifitas mereka mampu meningkatkan  kemandirian  ekonomi keluarga , meningkatkan taraf ekonomi keluarga sekaligus meningkatkan tingkat status sosial keluarga di masyarakat” tambahnya

Ke depan pihaknya juga akan terus berusaha melibatkan berbagai  pihak, baik lembaga keuangan dan dinas terkait untuk mendukung kelancaran kegiatan UMKM. Kalau kemarin  sudah melaksanakan kegiatan bersama dengan DPTSP untuk legalitas usaha itu ternyata respon masyarakat itu bagus.  Kami akan lanjutkan untuk terus meningkatkan animo masyarakat terhadap kegiatan UMKM. Tidak  terbatas hanya Jadi tidak hanya legalitasnya, tapi juga kaitan dengan pelatihan untuk pengembangan usaha. Pihaknya berharap program ini akan mampu menjangkau masyarakat lebih luas lagi.

Jika sebelumnya program ini sukses diadakan di 45 titik  melingkupi 4500.  Di mana banyak anggota yang sangat terbantu dengan kepemilikan NIB. Program berikutnya, meningkatkan kemampuan penggiat UMKM dalam mengelola usaha, bagaimana meningkatkan usaha,  strategi memaksimalkan penjualan/bisnis secara online/digitalisasi. juga menguasai tehnik marketing baik digital/online maupun ofline. Bagaimana  meningkatkan efisiensi dan produktifitas usaha, sebesar apapun skalausaha yang dirintis.