Berita
Ketua Fraksi PKB DPRD  Provinsi Jawa Timur Fauzan Fuadi
Berita Dewan

Target PKB Sapu Bersih Kemerangan di Pilkada Serentak 2024

Paska finalnya penghitungan perolehan kursi di DPRD Jatim oleh KPU Jatim Senin (11/3/2024). Dipastikan  hanya 10 partai dari 18 partai yang mengikuti  pemilu 2024 partai yang dipastikan lolos dan mengirimkan  perwakilannya  dari total  120 kursi  yang diperebutkan di DPRD Jatim.

Norah Hasanah Minggu, 17 Maret 2024

Paska finalnya penghitungan perolehan kursi di DPRD Jatim oleh KPU Jatim Senin (11/3/2024). Dipastikan  hanya 10 partai dari 18 partai yang mengikuti  pemilu 2024 partai yang dipastikan lolos dan mengirimkan  perwakilannya  dari total  120 kursi  yang diperebutkan di DPRD Jatim. PBB  dan Hanura dipastikan tidak lolos dan tidak bisa mengirimkan wakilnya, namun pendatang baru dari PSI berhasil  mengirimkan 1 kursi yang akan duduk di DPRD Provinsi Jatim.

Di pemilu 2024 ini PKB berhasil meraup  perolehan jumlah kursi di DPRD Provnsi Jatim dengan  27 kursi, terbanyak di antara  10 partai yang lolos pada pemilu kali ini. Kalau  pada pemilu 2019 PKB berhasil mengumpulkan 25 kursi , untuk periode kali ini PKB menjadi pemenang  mengacu hasil konversi suara menjadi kursi melalui penghitungan sainte lague.  Perolehan kursi PKB melemah di  Dapil Jatim 1 (Surabaya) dan Dapil Jatim 8 (Kota dan Kabupaten Kediri) yang  masing masing hanya meraih 1 kursi. Tetapi di Dapil Jatim 4 dan daerah Tapal Kuda ( Situbondo-Bondowoso) menymbangkan masing masing 3 kursi .

“ Pada pemilu sebelumnya  PKB juga pemenang cuman belum diuntungkan dengan mekanisme konversi suara menjadi kursi. Nah sekarang kemenangan ini terasa komplit karena mahkotanya dipakai kalau yang kemarin kan juara tanpa mahkota nah sekarang juara dengan mahkota hanya itu sebetulnya yang membedakan dengan pemilu 2019 lalu.” Ujar Ketua Fraksi PKB DPRD  Provinsi Jawa Timur, Fauzan Fuadi .

Ditambahkannya, perolehan suara kali ini akan linier dengan perolehan kursi yang didapat oleh partai akan seiring sejalan. Jadi tidak hanya menang di perolehan suara, tapi juga menang perolehan kursinya. Dari ke 14 Dapil yang ada di Jatim  rata rata menyumbang suara yang menghasilkan minimal 2 kursi tapi di dua dapil wilayah lain seperti dapil Situbondo Bondowoso  dan Dapil 4 bahkan mendapat 3 kursi.

Ditambahkan laki laki yang juga menjabat Bendahara DPW PKB Jatim ini bahwa perolehan 27 kursi di pemilu 2024  kali ini belum optimal karena ternyata turun dari target awal yang mematok perolehan kursi lebih tinggi yakni sebanyak 32 kursi. Meskipun berhasil menjadi juara perolehan kursi terbanyak. Tidak hanya merebut kursi dengan jumlah tertinggi di DPRD Jatim, tapi PKB juga berhasil meraih suara terbanyak .

 “ Salah satu faktor pendongkrak suara PKB di pemilu 2024 ini adalah efek ekor jas Pilpres 2024.  Di mana Ketum PKB Muhaimin Iskandar menjadi salah satu kontestan di penghelatan Pilpres kali ini sehingga meningkakan upaya pemenangan Pileg” tambahnya..

Dengan kemenangan yang berhasil diraih saat ini pihaknya mengaku sangat bersyukur namun tidak serta merta terlena. Karena dalam waktu dekat di Jatim  akan  menggelar  Pilkada serentak  2024. Dan PKB diharapkan akan mampu memenangkan perebutan dan menyapu bersih  perebutan kursi Kepala Daerah.