Berita
Anggota DPRD Jawa Timur, dr Benjamin Kristianto
Berita Dewan

Benjamin Kristianto Minta Masyarakat Atur Pola Makan Selama Puasa

Anggota DPRD Jawa Timur, dr Benjamin Kristianto berharap masyarakat bisa mengatur pola makan selama berpuasa. Hal ini untuk menjaga kesehatan masyarakat saat menjalankan ibadah puasa.

Adi Suprayitno Sabtu, 23 Maret 2024

Anggota DPRD Jawa Timur, dr Benjamin Kristianto berharap masyarakat bisa mengatur pola makan selama berpuasa. Hal ini untuk menjaga kesehatan masyarakat saat menjalankan ibadah puasa.

“Selama berpuasa masyarakat biasanya takut berat badannya menurun karena konsumsi makanan berkurang. Kebutuhan nutrisi dan gizi harus terjaga, sehingga berat badan tidak turun atau justru tambah gendut badannya,” ujar dr Benjamin, Sabtu 23 Maret 2024.

Menurut Benjamin, ketika menjalankan ibadah puasa Ramadhan terkadang yang dipikirkan masyarakat adalah kondisi tubuh. Masyarakat khawatir berat badannya menurun. Sebaliknya, jika tidak diatur dengan benar dalam mengkonsumsi makanan, kondisi badan bisa meledak alias bertambah gendut.

Politisi asal Partai Gerindra itu menyebut selama berpuasa ada perubahan jadwal makan. Orang puasa harus mengkonsumsi makanan yang bergizi, dan hal yang terpenting adalah menjaga porsi makanan yang cukup. Mengingat selama ini masyarakat yang berbuka terkadang langsung makan yang banyak saat berbuka.

“Orang berbuka kadang-kadang seperti balas dendam. Begitu berbuka, makannya langsung banyak. Jadi tubuh kaget langsung kemasukan makanan banyak,” paparnya.

Jika masih terasa lapar, masyarakat bisa menikmati makanan ringan usai sholat teraweh. Hal ini bertujuan agar ruang pencernaan makanan dalam tubuh. Tak lupa mengkonsumsi sayuran karena tubuh juga butuh serat untuk mencerna makanan.

Tak hanya itu saja, kebutuhan air juga sangat penting. Namun masyarakat harus bisa mengatur ritme minum air. Dimana kebutuhan air dalam sehari adalah minimal 2 liter. Maka, air sebaiknya diminum 2 gelar yang masing-masing berisi 250 CC. Selanjutnya dua jam berikutnya bisa minum 2 gelar lagi, dan sebelum tidur dua gelas dan saat sahur dua gelas air

“Sementara untuk banyak minuman yang manis, harus dihindari, karena bisa membahayakan orang mempunyai diabetes. Kalau olahraga bisa dilakukan, tetapi yang ringan dan santai sehingga tidak terlalu banyak mengeluarkan keringat,” pungkasnya.