Berita
Anggota DPRD Jawa Timur, Ahmad Athoillah Haromain
Berita Dewan

Anggota DPRD Jatim Sebut Generasi Muda Masih Jarang Lirik Sektor Pertanian

Anggota DPRD Jawa Timur, Ahmad Athoillah Haromain menyebut bahwa generasi muda memiliki peranan yang sangat penting dalam dunia pertanian di Indonesia, khususnya di Jawa Timur.

Gegeh Bagus S Kamis, 04 April 2024

Anggota DPRD Jawa Timur, Ahmad Athoillah Haromain menyebut bahwa generasi muda memiliki peranan yang sangat penting dalam dunia pertanian di Indonesia, khususnya di Jawa Timur.
Oleh karenanya, kata Gus Atho, sapaan akrabnya ini, mereka harusnya memiliki motivasi yang tinggi untuk terjun ke sektor pertanian. Mengingat sektor pertanian sangat penting bagi ketahanan pangan di Indonesia.

"Dengan adanya pemuda Indonesia yang menjadi petani dapat menjadikan sektor pertanian lebih produktif sehingga meningkatkan jumlah produksi panen," katanya, Kamis (4/4).

Menurut dia, generasi muda ini memiliki semangat tinggi, bahkan cenderung ambisius dalam melakukan suatu hal. Sumber daya manusia yang berkomitmen dan berkualitas inilah yang dibutuhkan untuk pembangunan sektor pertanian saat ini.

Sedangkan pembangunan pertanian di Indonesia saat ini, kata politisi muda PKB ini masih belum menemui titik kesejahteraan. Hal ini dapat dilihat dari kondisi petani yang masih serba kekurangan.

"Selain itu, jumlah generasi muda yang mau menjadi petani tambah tahun semakin berkurang lantaran mereka lebih tertarik pada sektor non-pertanian yang lebih menjanjikan," jelasnya.

Lebih lanjut, Gus Atho, menguraikan beberapa solusi alternatif untuk mengatasi tantangan, serta meningkatkan keterlibatan generasi muda dalam sektor pertanian.

"Alternatif tersebut ialah adanya program pendidikan dan pelatihan (diklat), akses pendanaan dan subsidi, serta kampanye/sosialisasi," pungkasnya.