Berita
Anggota komisi E DPRD provinsi Jatim Dr Hartoyo SH MH
Berita Dewan

Cegah KDRT dan Pernikahan Dini, Dr Hartoyo SH MH Siapkan Bantuan Hukum

Maraknya KDRT (Kekerasan Dalam Rumah Tangga) dan kejahatan seksual terhadap anak-anak dan perempuan, menimbulkan keprihatinan bagi Dr Hartoyo SH MH.

Yuli Iksanti Sabtu, 27 April 2024

Maraknya KDRT (Kekerasan Dalam Rumah Tangga) dan kejahatan seksual terhadap anak-anak dan perempuan, menimbulkan keprihatinan bagi Dr Hartoyo SH MH.

Anggota komisi E DPRD provinsi Jatim ini menyatakan kesiapannya untuk memberikan dukungan berupa pendampingan dan bantuan hukum untuk para korban tersebut. Wakil ketua DPD partai Demokrat Jatim ini menegaskan bahwa pihaknya akan terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar selalu menjaga keluarganya.

"Terutama anak perempuan, dan juga anak-anak usia sekolah agar terhindar dari kejahatan seksual dan juga pengaruh pergaulan bebas dan narkoba," tuturnya.

Hartoyo menjelaskan bahwa orang tua tidak bisa melakukan pengawasan 24 jam terhadap anak-anak, untuk itu sedari dini anak-anak harus dibekali dengan agama yang kuat, contoh-contoh yang baik, dan menjauhkan diri dari pergaulan yang menyesatkan.

"Sebisa mungkin, orang tua membekali anak-anak dengan pengetahuan tentang agamanya, mengajarkan tatacara beribadah dan menguatkan iman mereka dengan saling memberikan dukungan dan contoh yang baik kepada anak-anak. Juga memberikan fasilitas pendidikan yang baik, sekolah yang memberikan suasana yang nyaman dan aman, sehingga anak-anak bisa belajar dengan tekun tanpa tekanan," sambungnya.

Hartoyo menambahkan, sebuah keluarga harus memiliki keterikatan satu sama lainnya, dengan intens berkomunikasi, menjaga keharmonisan keluarga, bisa menghindarkan dari kasus KDRT.