Berita
Berita Dewan

Komisi A Sebut Komisioner KI Terpilih Adalah yang Terbaik

Komisi A Sebut Komisioner KI Terpilih Adalah yang Terbaik

Fathis Su'ud Senin, 07 Januari 2019

Komisi A Sebut Komisioner KI Terpilih Adalah yang Terbaik

Komisi A DPRD Jawa Timur menilai figur 15 calon Komisioner Komisi Informasi (KI) Jatim yang diserahkan ke Komisi A untuk menjalani fit and proper test. Pernyataan itu disampaikan Ketua Komisi A DPRD Jatim, Freddy Poernomo.

Menurut alumni Resimen Mahasiswa ini, semua calon Komisioner berkualitas. Karena itu siapapun yang nantinya terpilih menjadi komisioner mereka adalah yang terbaik.

"Dari 15 calon Komisioner yang menjalani fit and proper test semuanya bagus. Kalau kami diberi pilihan memilih seluruhnya, maka kami pilih semua. Tapi karena sesuai aturan hanya bisa memilih 5 komisioner dan 5 komisioner cadangan. Meskipun keputusan itu tak bisa menyenangkan semua pihak," tutur Freddy, Senin (7/1).

Politisi Partai Golkar ini mengaku tidak mau mengomentari nama-nama Komisioner KI yang telah beredar di masyarakat.  Menurut Freddy, tugas Komisi A berakhir bersamaan dengan proses fit and proper test. Pihaknya merekomendasikan 5 nama Komisioner dan 5 Komisioner cadangan. Rekomendasi itu sudah disampaikan ke Pimpinan Dewan untuk selanjutnya diteruskan ke Gubernur Jatim.

"Saat ini domainnya sudah di Gubernur. Tugas Dewan sudah selesai pasca fit nd proper test. Keputusan akhir ada di Gubernur," papar Freddy.

Untuk diketahui, setelah melewati beberapa tahapan proses seleksi, mulai pendaftaran hingga fit and proper test yang menyisakan 15 calon komisioner Komisi Informasi (KI) Jawa Timur. Akhirnya DPRD Jatim merekomendasikan 5 calon anggota KI Jatim periode 2018-2022 kepada Gubernur Jatim.

Kelima calon Komisioner ini tinggal menunggu persetujuan Gubernur Jatim untuk selanjutnya dilantik. Mereka adalah :

1. A. Nur Aminudin.

2. Edi Purwanto

3. Herma Retno Prabayanti 

4. Imadoedin

5. Dr. Lely Indah Mindarti, M.Si (Dosen FIA Universitas Brawijaya/ASN/unsur Pemerintah).