Berita
Berita Dewan

Kurangi Kecemburuan ke Negeri, SMA/SMK Swasta di Jatim Disubsidi

Kurangi Kecemburuan ke Negeri, SMA/SMK Swasta di Jatim Disubsidi

Adi Suprayitno Jumat, 18 Januari 2019

Kurangi Kecemburuan ke Negeri, SMA/SMK Swasta di Jatim Disubsidi

Pemerintah Provinsi Jawa Timur akan memberi subsidi SMA/SMK swasta yang dimulai 2019. penggratisan sekolah swasta ini untuk mengurangi kecemburuan terhadap penggratisan SMA/SMK Negeri yang masuk program Khofifah Indar Parawansa, yakni Nawa Bakti Satya.

Ketua Komisi E DPRD Jawa Timur, Hartoyo dengan adanya subsidi Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) yang diberikan Pemprov ke Sekolah Swasta ini diharapkan tidak lagi rasa iri terhadap sekolah negeri. Nominal yang diberikan ke swasta sama dengan SPP Sekolah Negeri sebesar Rp 150 ribu. Mengingat SPP sekokah swasta berbeda-beda.

"Tinggal dipersiapkan saja. Pelaksanaanya bersamaan dengan pemberlakuan SMA/ SMK Negeri gratis. Jadi tidak hanya sekolah negeri saja, tetapi juga bantuan kepada Sekolah Swasta," ujar Hartoyo, dikonfirmasi, Jum’at (18/1).

Kebijakan pemberian subsidi itu sudah diteken oleh Gubernur Jatim melalui surat edaran gubernur tahun 2019. Saat ini Pemprov Jatim sedang mendata untuk memastikan jumlah SMA dan SMK Swasta yang perlu mendapatkan bantuan SPP.

"Berdasarkan SE gubernur nilai subsidi mencapai Rp 150 ribu," jelasnya.

Selain subsidi SPP, Dewan meminta agar pemberian bantuan seragam kepada Sekolah Negeri dipercepat. Ketika memasuki tahun ajaran baru, murid langsung bisa menerima bantuan dan menggunakannya.

"Saya meminta agar lelang dipercepat. Jadi sebelum tahun ajaran baru sudah bisa dipakai oleh Siswa ," pungkasnya