Berita
Berita Dewan

Komisi B Jatim minta Dinas Peternakan Agar RPH Jaga Kebersihan

Komisi B Jatim minta Dinas Peternakan Agar RPH Jaga Kebersihan

Rofik Hardian Rabu, 23 Januari 2019

Komisi B Jatim minta Dinas Peternakan Agar RPH Jaga Kebersihan 

Komisi B DPRD Jatim usulkan Rumah Pemotongan Hewan ( RPH)  yang ada di Jawa Timur perlu di tingkatkan kondisi kebersihannya,  pasalnya saat ini masih banyak RPH - RPH kondisi kebersihan dan tempatnya kurang layak atau kumuh untuk di jadikan tempat penyembelihan daging hewan sapi. 

Suharti, S, Psi, MM Anggota Komisi B yang menangani tentang Perekonomian mengatakan berdasarkan fakta dilapangan bahwa RPH perlu di tingkatkan pelayanan nya baik dari segi tempatnya maupun kebersihannya.  Sebab ini perlu dilakukan guna mencegah penyakit pada hewan seperti terjangkit penyakit cacing pita ataupun antrax. 

"Apalagi menjelang idul kurban saat ini,  di khawatirkan ada hewan kurban terindikasi kena penyakit karena tempat pemotongan nya kotor dan banyak sampah di RPH tersebut,  " Terang Suharti saat di temui di ruang kerjanya, Rabu (23/1).

Politisi perempuan asal Fraksi PDI Perjuangan ini juga menerangkan kalau alangkah baiknya tempat RPH yang ada di Jawa Timur juga memiliki tempat untuk pemeliharaan dan penggemukan sapi.  Hal ini perlu  diadakan untuk sambil mengawasi hewan betina pada sapi,  sebab diluarsana terkadang peternak - peternak kita masih menyembelih hewan sapi betina. 

"Para peternak tidak mau ambil pusing , sebab sapi yang mereka miliki merupakan rojo koyo atau yang penting dapat uang. Jadi tidak mikir kalau yang di sembelih itu hewan betina.  Yang penting mereka untung,  " jelasnya. 

Ibu muda asli kelahiran Kediri ini menegaskan jika di RPH di sediakan lahan untuk peternakan dan penggemukan sapi maka populasi hewan sapi betina bisa terjaga.  Hal ini supaya jatim tak mengalami kekurangan sapi lokal lagi bahkan mengurangi daging impor. 

"Kami ( Komisi B, red)  mengusulkan kepada Dinas terkait yakni Dinas peternakan Jatim untuk melakukan peningkatan dan menjaga kebersihan di RPH - RPH serta adanya lahan untuk penggemukan sapi dengan tujuan menjaga populasi hewan sapi betina , " Pungkas nya