Berita
Pimpinan DPRD

Jatim Bebas Zona Merah, Kesadaran Masyarakat Penerapan Protokol Covid-19 Meningkat

Jatim Bebas Zona Merah, Kesadaran Masyarakat Penerapan Protokol Covid-19 Meningkat

Try Wahyudi Selasa, 13 Oktober 2020

Wakil Ketua DPRD Jatim Sahat Tua Simanjuntak mengatakan keberhasilan Jatim keluar dari zona merah dalam pandemi Covid-19 dikarenakan kesadaran masyarakat di Jatim terhadap protokol Kesehatan sudah tinggi.

“Salah satu pemicunya adalah kinerja gubernur, sekdaprov serta forkopimda Jatim yang maksimal dalam penerapan Protokol Covid-19. Namun, ada hal yang lebih penting lagi dengan kerja-kerja sinergi seperti itu secara maksimal, adanya kesadaran masyarakat sudah tumbuh dan tinggi dalam penerapan protokol Kesehatan,”ungkapnya di Surabaya,selasa (13/10/2020).

Politisi asal partai Golkar ini mengungkapkan meskipun semua instrument dilibatkan untuk penanganan covid-19, namun tak didukung kesadaran masyarakat tentunya hal ini tidak akan berhasil.

“Contoh di DKI semua instrument dilibatkan dalam penanganan Covid-19,namun faktanya belum bisa menurunkan angka pertumbuhan Covid-19 disana. Saya menilai kesadaran masyarakat disana perlu ditumbuhkan untuk menekan angka peningkatan pandemi Covid-19,”imbuhnya.

Mantan ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Jatim ini mengungkapkan, kerja keras gubernur DKI dalam penanganan Covid-19 namun tak didukung dengan masyarakat setempat maupun masyarakat pendatang memiliki kesadaran dalam protokol Kesehatan tentunya tak akan membuahkan hasil.

“ Di Jatim ini, ada instrument hukum antara lain perda maupun pergub, aparatur sudah kerja keras ditambah dengan kesadaran masyarakat di Jatim terhadap protokol Covid-19 sudah tumbuh. Hal ini menunjang pertumbuhan semangat untuk keluar dari zona merah tersebut,”jelasnya.

Walaupun saat ini pertumbuhan Covid-19 di Jatim masih tinggi, kata Sahat, juga didukung dengan tingkat kesembuhan Covid-19 di Jatim juga tinggi.” Kami berharap hingga akhir Desember 2020, akan semakin turun pandemic Covid-19,”tutupnya.