Berita
Komisi E DPRD Jawa Timur, Adam Ruysdi
Komisi E

DPRD Jatim Usul Ada Pelatihan Literasi dan Penyelamatan naskah kuno pesantren

Komisi E DPRD Jawa Timur mengusulkan agar Pemprov Jatim menyelengarakan pelatihan literasi pesantren dan penyelamatan naskah kuno pesantren.

Totok Toriq Rabu, 20 September 2023

Komisi E DPRD Jawa Timur mengusulkan agar Pemprov Jatim menyelengarakan pelatihan literasi pesantren dan penyelamatan naskah kuno pesantren. Hal ini menurut Juru Bicara Komisi E Adam Ruysdi penting agar masyarakat luas dapat menikmati khazanah keilmuan Pesantren. 

"Penting bagi pesantren dan juga bagi masyarakat luas sebagai wahana pengembangan keilmuan pesantren dan pembangunan pemahaman keagamaan yang moderat di kalangan

Masyarakat Jatim," kata Adam dalam Sidang Paripurna tentang Perubahan APBD Provinsi Jawa Timur Tahun Anggaran 2023, Senin 18 September 2023 

Ketua Golkar Sidoarjo ini menuturkan, wilayah Jatim memiliki banyak sekali pesantren yang telah berkembang sebelum kemerdekaan Indonesia dan telah berkontribusi besar terhadap kemajuan SDM. Menurutnya ini menjadi bukti nyata bahwa pesantren sebagai tonggak peradaban keilmuan yang selama ini berkembang. 

"Pesantren tidak hanya memiliki fungsi Pendidikan, tetapi juga memiliki fungsi dakwah dan pemberdayaan Masyarakat," ujarnya. 

Lebih dari itu, usulan tersebut kata Adam, juga dalam rangka memberikan apresiasi terhadap peran pesantren seperti yang telah diamanatkan Perda Jatim No 3 Tahun 2022 tentang Fasilitasi Pengembangan Pesantren. 

Oleh karena itu, lanjutnya, pihaknya mengusulkan dalam P APBD 2023, ada pengalokasian tambahan anggaran untuk Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jatim. 

"Komisi E merekomendasikan untuk mengalokasikan anggaran pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur sebesar Rp 1.715.640.000,00," pungkas Adam.