Berita
Anggota Komisi D DPRD Provinsi Jawa Timur Hidayat
Komisi D

Komisi D DPRD Jatim Dukung Pematangan Koridor 2 Transjatim Surabaya Mojokerto

Setelah sukses dengan program angkutan umum Transjatim koridor 1 yang memberi akses langsung Sidoarjo Gresik dan mendapat sambutan positif warga yang menggunakan, Pemprov Jatim kini bersiap untuk membuka akses untuk koridor 2, yaitu Surabaya Mojokerto.

Anang Supriyono Jumat, 20 Januari 2023

Setelah sukses dengan program angkutan umum Transjatim koridor 1 yang memberi akses langsung Sidoarjo Gresik dan mendapat sambutan positif warga yang menggunakan,  Pemprov Jatim kini bersiap untuk membuka akses untuk koridor 2, yaitu Surabaya Mojokerto.

Program lanjutan ini, mendapat dukungan dari Komisi D DPRD Jatim.  Anggota Komisi D Hidayat mengatakan bahwa untuk mematangkan nya,  Komisi D sudah melakukan pertemuan dengan pihak Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jawa Timur di kantor UPT Jalan Jayanegara, Kecamatan Puri, Kabupaten Mojokerto, beberapa waktu lalu.

Politisi Gerindra ini menilai dengan tersedianya Bus Trans Jatim ini, masyarakat Mojokerto dan sekitarnya akan bisa menikmati layanan bus yang aman, nyaman dan murah.

"Saat ini sedang dalam tahap persiapan (Bus Trans Jatim), saya mendukung penuh hadirnya Bus Trans Jatim rute Mojokerto - Surabaya," tegas Hidayat, Jum'at ( 20/1/ 2023).

Rencananya  rute Bus Trans Jatim Mojokerto - Surabaya sepanjang 41 km ini, akan tersedia 20 titik halte dengan titik awal di Terminal Kertajaya Mojokerto tujuan akhir Terminal Purabaya atau Bungurasih. Sementara  terkait tarif berkisar 5000 untuk umum dan 2500 untuk santri atau pelajar dengan fasilitas bus yang sangat baik, dan ditunjang dengan sopir yang teruji. "Kami berharap Bus Trans Jatim akan beroperasi pada Agustus mendatang, agar masyarakat Mojokerto  segera bisa menikmati salah satu moda transportasi yang aman, nyaman dan murah.  Saya juga melihat ini akan dapat mempengaruhi percepatan roda ekonomi masyarakat," Kata pria yang juga Wakil Ketua DPC Gerindra Mojokerto ini .

Sementara itu Wakil Ketua Komisi D Muhammad Ashari menyebutkan bahwa Transjatim ini juga sukses meraup laba sekitar keuntungan 2,3 miliar lebih selama beroperasi pada koridor 1, "Selama ini ternyata ini bisa jadi sumber PAD , karena sudah meraup keuntungan 2,3 miliar lebih. Sehingga kita melihat ini bisa dilanjutkan ke koridor 2 ini yang sudah ditunggu oleh masyarakat Mojokerto dan Jombang, " Ungkap Ashari.

Dengan Animo yang besar ini, Transjatim diperkirakan akan menjadi primadona angkutan umum yang ditunggu masyarakat, "Kita ingin beri yang terbaik untuk masyarakat, menyediakan angkutan umum yang aman dan nyaman, mungkin kita siapkan 9 armada baru untuk Koridor 2," Pungkasnya.