Berita
Anggota DPRD Jawa Timur Mohammad Rosyidi
Komisi D

Ratusan Rumah Rusak di Madiun Diserang Puting Beliung, Dewan Jatim Minta Pemda Dan Pemprov Harus Cepat Bantu Korban

Anggota DPRD Jawa Timur Mohammad Rosyidi mengatakan pihaknya berharap gerak cepat dari pemda maupun Pemprov untuk membantu masyarakat di Madiun yang menjadi korban angin puting beliung.

Try Wahyudi Senin, 06 Maret 2023

Anggota DPRD Jawa Timur Mohammad Rosyidi mengatakan pihaknya berharap gerak cepat dari pemda maupun Pemprov untuk membantu masyarakat di Madiun yang menjadi korban angin puting beliung.

Sekedar diketahui,Ratusan rumah diperkirakan rusak akibat angin puting beliung yang menyapu Kecamatan Wonoasri di Madiun, Jawa Timur, pada Minggu 5 Maret 2023.

"Sesuai data BPBD Kabupaten Madiun, angin puting beliung melanda di Desa Sidomulyo, Plumpungrejo, dan Jatirejo Kecamatan Wonoasri,"jelas politisi Demokrat ini, senin( 6/3/2023).

Rosyidi mengatakan ratusan rumah diperkirakan rusak dengan kategori ringan hingga sedang akibat puting beliung ini.

"Jumlah pastinya saat ini pihak BPBD kabupaten Madiun sedang melakukan pendataan kepastian rumah yang terdampak angin puting beliung tersebut,"jelasnya.

Kebanyakan rumah di lokasi bencana tersebut, lanjut Rosyidi mengalami kerusakan di bagian atap.

"Banyak genting memang beterbangan akibat disapu puting beliung yang disertai hujan itu,"sambungnya.

Tak hanya menghancurkan rumah,kata Rosyidi puting beliung itu juga menumbangkan satu pohon yang kemudian jatuh di rel kereta.

"Perlu ada gerak cepat dari semua unsur untuk membantu masyarakat terdampak, terlebih kehadiran Pemprov maupu Pemkab untuk membantu korban terdampak,"jelasnya.

Pasca bencana tersebut, terang Rosyidi,pihaknya berharap anggaran bencana atau biaya tak terduga untuk melakukan perbaikan rumah warga yang mengalami kerusakan.

"Jika harus dipindah tentunya harus diberi ganti rugi yang sesuai dan jangan sampai masyarakat dirugikan. Pemerintah harus hadir ditengah masyarakat yang
membutuhkan,"tandasnya.