Berita
Anggota Komisi E DPRD Jawa Timur Benjamin Kristianto
Kesehatan

Cegah Stunting, Benjamin Kristianto Beri Pemahaman Ikan Lele Makanan Murah Tapi Bergizi

Anggota Komisi E DPRD Jawa Timur Benjamin Kristianto menggelar workshop di Desa Betro, Kecamatan Sedati soal pencegahan stunting. Sosialisasi ini bertujuan agar anak-anak bisa hidup dengan sehat dan gizi tercukupi.

Adi Suprayitno Minggu, 30 Juli 2023

Anggota Komisi E DPRD Jawa Timur Benjamin Kristianto menggelar workshop di Desa Betro, Kecamatan Sedati soal pencegahan stunting. Sosialisasi ini bertujuan agar anak-anak bisa hidup dengan sehat dan gizi tercukupi.

 

Dari pantauan, program workshop tersebut berlangsung sangat meriah. Puluhan masyarakat di Desa Betro, kecamatan Sedati diberi pemahaman bahwa ikan lele adalah makanan murah. Namun mempunyai kandungan gizi tinggi. Maka, masyarakat tidak harus membeli makan mahal untuk mencegah stunting.

 

Benjamin mengatakan,  masalah stunting bukan hanya soal busung lapar, atau perut mengecil. Tetapi stunting mengakibatkan pertumbuhan tubuh lambat. Untuk itu, perlu dilakukan pelatihan dan pemahaman yang jelas cara pencegahan stunting, ketika ibu hamil atau mempunyai balita.

 

"Harus ada pelatihan dan penjelasan bagaimana cara mencegah stunting. Dampak stunting bagaimana soal pendidikan dan pelatihan tersebut,” katanya, Minggu 30 Juli 2023.

 

Ketua Kesira Jawa Timur itu membeberkan bahwa salah satu factor penyebab anak-anak stunting adalah rendahnya pendapatan orang tua mereka. Maka, Pemprov Jatim harus memberikan bantuan, sehingga perekonomian warga meningkat, sehingga bisa mempunyai uang untuk membeli makanan yang bergizi.

 

“Ini berhubungan dengan perekonomian agar Pemprov Jatim memberikan pinjaman usaha untuk menghidupkan UMKM sehingga mereka punya uang untuk mencegah stunting,” tutur anggota DPRD Jatim dari Dapil Sidoarjo itu.

 

Benjamin menjelaskan, salah satu cara mencegah stunting adalah memberikan makanan kepada anak-anak dengan kebutuhan protein yang cukup. Pihaknya sudah memberikan bantuan bagi warga Sidoarjo, untuk budidaya lele agar bisa dikonsumsi warga..

 

“Kita sudah laksanakan program itu dan ada bantuan kepada warga,” jelasnya.