Berita
Anggota DPRD provinsi Jawa Timur Umi Zahrok
Berita Dewan

Anggota Komisi E DPRD Jatim Umi Zahrok Pastikan Nelayan Sudah Sejahtera

Anggota DPRD provinsi Jawa Timur Umi Zahrok memimpin langsung inspeksi mendadak atau sidak di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Puger Jember pada Kamis (19/7/2023).

Gegeh Bagus S Rabu, 19 Juli 2023

Anggota DPRD provinsi Jawa Timur Umi Zahrok memimpin langsung inspeksi mendadak atau sidak di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Puger Jember pada Kamis (19/7/2023).

Blusukan Umi Zahrok ini, diantaranya untuk melihat stok dan harga ikan yang naik dan dikeluhkan warga. Serta menelisik dinamika ekonomi masyarakat pesisir yang menyejahterakan.

"Dari hasil sidak ini, memang sebagian besar jenis ikan mengalami kenaikan dari harga beberapa minggu lalu, karena faktor cuaca yang tidak menentu," katanya.

Umi Zahrok mengatakan bahwa, harga ikan mengikuti pasaran dan tidak bisa diintervensi karena bukan harga yang diatur oleh pemerintah.

"Sidak ini hanya kita ingin lihat stok, ternyata stok tetap ada hanya memang harga yang mengalami kenaikan karena tidak sebanyak minggu-minggu sebelumnya," katanya.

Umi Zahrok juga menyinggung tentang kesehatan masyarakat pesisir pantai baik nelayan, pedagang ikan asongan maupun aktivitas lainnya.

Menurutnya beberapa aspek kesehatan yang menjadi masalah di wilayah pesisir adalah kesehatan lingkungan, kesehatan bayi dan balita serta kesehatan maternitas dan KB.

Kesehatan lingkungan diantaranya meliputi perumahan, sumber air, sampah, pembuangan tinja dan air limbah.

Pola perilaku hidup sehat masyarakat pesisir pantai dengan cara menjaga pola makan, istirahat dengan cukup, olahraga teratur. Semua ini semata-mata dilakukan oleh masyarakat supaya mereka dikemudian hari dapat melakukan kegiatan-kegiatan yang dapat menghasilkan nilai ekonomi dari keluarga,"ungkapnya.

Gaya Hidup Masyarakat Nelayan Untuk investasi yaitu barang yang dibeli ketika musim ikan datang akan dijual kembali ketika musim paceklik tiba.

Adapun beberapa saran yang disampaikan Umi Zahrok, mengharap masyarakat nelayan lebih bijak lagi dalam menggunakan pendapatannya supaya kesejahteraan hidupnya dapat terpenuhi dengan baik.

Nelayan diharapkan bisa mengurangi pola hidup konsumtif karena dapat menyebabkan kecemburuan dikalangan nelayan lainnya.

Nelayan diharapkan bisa mengontrol pengeluarannya dengan membeli barang-barang yang benar-benar dibutuhkan. Nelayan diharapkan lebih bijak lagi dalam upaya berinvestasi pribadi dimasa depan.