Berita
Komisi A DPRD Provinsi Jawa Timur saat berkunjung ke Kantor KPU Sidoarjo
Komisi A

Kunjungi KPU Sidoarjo, Komisi A DPRD Jatim Tinjau Persiapan Pemilu 2024

Komisi A DPRD Provinsi Jawa Timur berkunjung ke Kantor KPU Sidoarjo, Selasa (16/1). Kunjungan tersebut dipimpin langsung Ketua Komisi A DPRD Sidoarjo, Adam Rusydi.

Gegeh Bagus S Selasa, 16 Januari 2024

Komisi A DPRD Provinsi Jawa Timur berkunjung ke Kantor KPU Sidoarjo, Selasa (16/1). Kunjungan tersebut dipimpin langsung Ketua Komisi A DPRD Sidoarjo, Adam Rusydi.

 

Komisi A DPRD Provinsi Jawa Timur datang untuk melihat langsung persiapan KPU Sidoarjo dalam tahapan Pemilu 2024 mendatang. Sebab KPU Sidoarjo di sini dipandang sebagai miniatur Jawa Timur.

 

“Kalau di Sidoarjo persiapan Pemilu 2024 berjalan lancar, maka insyaallah kabupaten atau daerah lainnya juga lancar,” ujar Ketua Komisi A DPRD Sidoarjo, Adam Rusydi.

 

Sementara dalam kunjungan itu, anggota Komisi A DPRD Provinsi Jawa Timur mendapat penjelasan langsung dari Ketua KPU Sidoarjo, Mukhamad Iskak. Terutama terkait tahapan Pemilu 2024.

 

Ketua KPU Sidoarjo Mukhamad Iskak mengatakan, tahapan yang sedang berlangsung saat ini adalah rekrutmen Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). “Proses rekrutmen KPPS sedang berjalan sebelum dilantik pada 25 Januari 2024 nanti,” katanya.

 

Menurut Iskak, proses sortir dan pelipatan surat suara juga sudah dilakukan. Sehingga tahap selanjutnya pengemasan surat suara dengan cara dikelompokkan.

 

“Dikelompokkan ke setiap pos-pos Tempat Pemungutan Suara (TPS), desa dan kecamatan,” bebernya.

 

Di sisi lain, proses distribusi logistik Pemilu 2024 di Sidoarjo akan dilakukan saat hari pelaksanaan pemungutan suara. Hal tersebut dilakukan karena pertimbangan keamanan.

 

Namun begitu, hal itu tidak berlaku untuk tiga TPS yang berada di wilayah terisolir. Misalnya di Desa Sawohan Kecamatan Buduran dan dua dusun di Kelurahan Gebang Kecamatan Sidoarjo.

 

“Khusus daerah terisolir maka akan dilakukan pendistribusian H-1 pemungutan suara menggunakan perahu,” terangnya.