Berita
Anggota DPRD Jawa Timur Satib
Ekonomi

Legislator Satib Beber Dampak Jika Tambak Udang Nekat Didirikan di Pantai Puger

Anggota DPRD Jawa Timur Satib mengatakan pihaknya berharap Pemkab Jember dan Pemprov Jawa Timur tidak memberikan ijin atas tambak udang yang akan didirikan di bibir pantai Puger Jember.

Try Wahyudi Senin, 06 Februari 2023

Anggota DPRD Jawa Timur Satib mengatakan pihaknya berharap Pemkab  Jember dan Pemprov Jawa Timur tidak memberikan ijin atas tambak udang yang akan didirikan di bibir pantai Puger Jember.

"Ini jelas membahayakan pantai kalau tetap didirikan tambak tersebut,"jelas politisi Gerindra ini, senin 6 Februari 2023.

Pria asli Jember ini mengatakan masyarakat setempat juga menolak adanya pendirian tambak di bibir pantai Puger. " beberapa hari lalu mereka berdemo. Aspirasi mereka tentunya perlu didengar,"jelas anggota komisi D DPRD Jawa Timur.

Satib lalu menjabarkan dampak pencemaran lingkungan, akibat pengelolaan tambak yang tidak ditopang oleh Instalasi Penglolaan Air Limbah (IPAL) secara memadai.

“Sejak keberadaan tambak ini, udang rebon yang hidup dipinggir laut saat ini punah,  terdampak limbah tambak. Sehingga, kami sebagai nelayan saat ini tidak pernah mendapatkan udang, yang biasanya digunakan untuk bahan baku pembuatan terasi,”jelasnya.

Tak hanya itu, lanjut Satib,kehadiran tambak udang akan membuat lokasi pantai tidak lagi asri dan menyejukkan. Nelayan juga akan kesulitan mencari ikan karena faktor lingkungan yang kurang mendukung.

Ratusan warga Desa Mojomulyo, Jember beberapa hari lalu menduduki bibir Pantai Puger dengan tenda terpal. Mereka juga mencabut tanaman di area pesisir Pantai Puger. Aksi ini sebagai bentuk protes terkait rencana pembangunan tambak udang di sekitar lokasi.