Berita
Anggota DPRD Jawa Timur Zaenal Abidin
Ekonomi

Pemerintah Bangun KIHT di Madura, Dewan Jatim Sebut Bisa Naikkan Perekonomian

Anggota DPRD Jawa Timur Zaenal Abidin mengatakan pembangunan Kawasan Industri Hasil Tembakau (KIHT) yang dibangun di Madura diharapkan bisa mendatangkan manfaat bagi petani tembakau di pulau garam tersebut.

Try Wahyudi Jumat, 03 Maret 2023

Anggota DPRD Jawa Timur Zaenal Abidin mengatakan pembangunan Kawasan Industri Hasil Tembakau (KIHT) yang dibangun di Madura diharapkan bisa mendatangkan manfaat bagi petani tembakau di pulau garam tersebut.

Sekedar diketahui,Pemerintah membangun dua Kawasan Industri Hasil Tembakau (KIHT) di Pulau Madura, Jawa Timur dari dana bagi hasil cukai tembakau (DBHCHT).Lokasi dibangunnya KIHT tersebut berada di Kabupaten Pamekasan terletak di Desa Gugul, Kecamatan Tlanakan. Sedangkan di Kabupaten Sumenep terletak di Desa/Kecamatan Guluk-Guluk. Masing-masing dibangun di areal lahan seluas 2 hektare.

"Tentunya diharapkan bisa meningkatkan perekonomian dan menekan peredaran rokok ilegal di Madura dan sekitarnya,"jelas politisi Demokrat ini, Jumat 3 Maret 2023.

Pria asal Sumenep ini mengatakan pembagian alokasi DBHCHT adalah 50 persen untuk kesejahteraan masyarakat (20 persen untuk peningkatan kualitas bahan baku, peningkatan keterampilan kerja, dan pembinaan industri, serta 30 persen untuk pemberian bantuan).

"Kemudian 40 persen untuk kesehatan masyarakat. Selain itu, sebanyak 10 persen dari dana yang diterima juga untuk penegakan hukum,"terang mantan birokrat ini.

Tercatat, sambung Zaenal jumlah pabrik rokok terdaftar di wilayah Jawa Timur sebanyak 754 pabrik dengan jenis produk hasil tembakau yang mendominasi di Jawa Timur adalah sigaret kretek tangan (SKT), Sigaret Kretek Mesin (SKM), Tembakau Iris (TIS), Rokok Elektrik (REL), homogenized tobacco leaf (HTL), sigaret putih mesin (SPM), rokok daun/klobot, cerutu, dan sigaret putih tangan (SPT).

“Sedangkan jumlah pabrik rokok di Pulau Madura yang beroperasi hingga Desember 2022 sejumlah 108 pabrik dengan total produksi rokok sebanyak 3.323.403.840 batang,” katanya.

Ia juga berharap dengan pembangunan KIHT di dua kabupaten penghasil tembakau itu nantinya akan membawa dampak positif bagi perekonomian masyarakat.