Berita
Ketua Komisi A DPRD Provinsi Jatim, Mayjen TNI (Purn.) Dr. Istu Hari Subagio, MM
Reses

Agenda Pembangunan yang Mendukung Terwujudnya Visi Misi Indonesia Emas pada 2045

Agenda kegiatan reses perdana Ketua Komisi A DPRD Provinsi Jatim, Mayjen TNI (Purn.) Dr. Istu Hari Subagio, MM digelar di balai desa Klurahan , kecamatan Ngronggot, kabupaten Nganjuk pada Rabu, 12/7/2023. Dihadiri sekitar 200 orang yang terdiri dari perwakilan warga masyarakat Klurahan dan sekitarnya yang terdiri dari tokoh masyarakat, petani, pelaku UKM, guru, dam warga masyarakat umum.

Norah Hasanah Rabu, 12 Juli 2023

Agenda  kegiatan reses perdana  Ketua Komisi A DPRD Provinsi Jatim, Mayjen TNI (Purn.) Dr. Istu Hari Subagio, MM digelar di balai desa  Klurahan , kecamatan Ngronggot, kabupaten Nganjuk pada Rabu, 12/7/2023. Dihadiri sekitar 200 orang yang terdiri dari perwakilan warga masyarakat Klurahan dan sekitarnya yang terdiri dari tokoh masyarakat, petani, pelaku UKM, guru, dam warga masyarakat umum. 

Reses kali ini agak berbeda karena politisi senior Partai Golkar ini  juga mengandeng Bayu Airlangga caleg Golkar untuk DPR RI dan juga Karyo Sulistiono,  caleg DPRD Kabupaten  Nganjuk yang pernah menjabat  ketua DPRD  Kabupaten Nganjuk.  Pada kesempatan ini  ia juga  memperkenalkan beberpa caleg Partai Golkar lainnya untuk Dapil Mojokerto.. Mantan Pangdam Bukit Barisan itu juga menyampaikan program program inti  kepada masyarakat  untuk mendukung  terlaksananya  kinerja maksimal di DPRD Provinsi Jatim. 

 " Tema  kali ini adalah bagaimana  Jatim harus  jadi pendukung utama ikut mewujutkan  tercapainya  visi misi Indonesia Emas  2045  yang  basis pembangunannya  mulai tingkat desa.  Dan juga mewujutkan mimpi besar bangsa ini  di 100 tahun kemerdekaan Indonesia. " Ujar pria murah senyum ini mengawali sambutannya. 

Lebih jauh ia menyampaikan  bagaimana visi  tercapainya kecerdasan bangsa Indonesia nantinya akan mampu  melebihi bangsa bangsa lain. Dengan  tujuan, pertama, peningkatan Sumber daya manusia berkualitas . Kedua, . Masyarakat Indonesia yang menjunjung tinggi  pluralisme dan keberadaban etika.

Tujuan ideal lainnya mengacu fakta  bahwa setelah 78 tahun merdeka,  bangsa Indonesia  tetap  mampu bersatu ini menjadi  modal utama Indonesia  mampu menjadi pusat pendidikan tehnologi dunia. Dan mewujutkan kehidupan masyarakat bebas korupsi.  Lebih lanjut, dijelaskannya bahwa fokus bidang pembangunan ini juga menyatakan target pemerintah untuk mencapai target terbangunnya insfrastruktur menyeluruh ke seluruh wilayah nasional.

Program rencana pembangunan dan rencana kerja perekonomian nasional mengacu Perpres Nomor 80 Tahun 2019 tentang  Percepatan Pembangunan Ekonomi di Kawasan Gresik - Bangkalan - Mojokerto - Surabaya - Sidoarjo - Lamongan, Kawasan Bromo - Tengger - Semeru, serta Kawasan Selingkar Wilis dan Lintas Selatan.  Membuktikan  target utama pembangunan Jatim ke depan harus didukung insfrastruktur lengkap,  artinya ada bandara,  jalan tol dan penunjang pembangunan bidang lainnya.  Kelengkapan fasilitas sebagai penunjang kelancaran pembangunan secara menyeluruh di Indonesia  akan menjadikan Indonesia menjadi negara mandiri dan berpengaruh di Asia Pacific . Karena  menurut  Lembaga riset Internasional, McKinsey Global Institute memprediksi  tingkat pertumbuhan ekonomi indonesia  paling stabil di dunia, dan ini akan menjadikan  Indonesia  dengan kekuatan ekonomi nomor tujuh di dunia pada tahun 2030 mendatang.. 

Hal ini bisa dibuktikan ketika mewabahnya covid 19 secara global, di mana banyak negara negara lain mengalami  goncangan ekonomi  dan  penanngulangan masalah  kesehatan fatal., tapi  Indoneaia cepat recovery baik secara kesehatan maupun ekonomi yang mampu pulih dengan cepat. Ini bukti Indonesia sudah mampu dan cukup kuat mengatasi berbagai permasalahan yang melanda secara global.

Keunggulan Jatim sebagai  Lumbung Nasional, yakni provinsi pemasok komoditi padi dan jagung terbesar secara naaional. Membuktikan bahwa produksi pertanian di Jatim  diunggulkan skala nasional dan berkontribusi besar terhadap pemenuhan kebutuhan pangan secara nasional.

"Untuk itu penguatan  segala aspek di tingkat desa  sangat dibutuhkan, ini untuk menunjang kemandirian  dan peningakatan kesejahteraan masyarakat desa. Percepatan pembangunan di tingkat desa perlu diwujutkan  dengan cara  masyarakat desa rajin menyampaikan usulan, aspirasi terkait pembangunan di desanya guna mewujutkan kemajuan pembangunan secara menyeluruh” tambahnya.

Selain membawa sesama rekan caleg, politisi Golkar senior ini juga membawa.  Kasubag umum & Kepegawaian  Pemberdayaan Masyarakat Desa Jatim untik memberikan penjelasan tentang program-program pemberdayaan ditingkat desa yang bisa diakses masyarakat desa. 

Sementara itu,  Bayu  Airlangga selain menyampaikan rencana  pencalegannya di di pusat juga menyampaikan  obsesinya untuk ikut meramaikan bursa Gubernur Jatim pada 2029 nanti.  Ia menyampaikan kebahagiannya melihat fakta banyaknya  purnawirawan TNI yang mulai ramai ramai terjun di politik. 

"Jika banyak TNI  yang masuk  dunia politik, maka akan semakin baik. "Ujarnya.

Selama reses  berlangsung banyak masukan dan usulan yang disampaikan kosntituen. Mulai sulitnya  mengakses  pupuk untuk menunjang pertanian, permintaan bedah rumah, kenaikan honor RT, RW , kelompok  masyarakat , sampai penambahan pembangunan insfraatruktur di wilayah desa Klurahan.  Acara reses berlangsung interaktif sampai akhir acara.

Pada bagian akhir acara, Mayjen TNI (Purn.) Dr. Istu Hari Subagio, MM, pria kelahiran Kertosono, 13 Desember 1958, ini menguatkan  komitmen konsistensi dukungan kostituen pada pencalegannya di pemilu mendatang.  Ia  juga mengajak masyarakat untuk mulai berpihak pada petani. Dengan mendukung program pertanian dan segala upaya untuk mewujutkan tercapainya produksi pertanian yang maksimal.