Berita
Anggota DPRD Provinsi Jatim, Dr. Iwan Achmad Zunaih
Ekonomi

Seorang Wirausahawan Harus Memiliki Jiwa Sosial dan Moral Tinggi

Ancaman resesi dunia dan kondisi ekonomi nasional yang belum beranjak stabil, sudah seharusnya memunculkan inovasi dan kreatifitas masyarakat dalam upaya meningkatkan ekonomi masyarakat. Memulai merintis kegiatan wirausaha dengan membuka usaha kecil kecilam merupakan ide yang cukup bagus untuk bisa dimulai.

Norah Hasanah Rabu, 31 Mei 2023

Ancaman resesi dunia dan kondisi ekonomi nasional yang belum beranjak stabil, sudah seharusnya memunculkan inovasi dan kreatifitas masyarakat dalam  upaya meningkatkan ekonomi masyarakat. Memulai merintis  kegiatan wirausaha dengan membuka usaha kecil kecilam merupakan ide yang cukup bagus untuk bisa dimulai. Yang penting usaha dan upaya diniatkan dengan baik dan ditekuni dengan sungguh sungguh. Dengan bekal keyakinan untuk sukses dan semangat untuk mencari keberkahan rejeki, insya Allah, akan terbuka jalan sukses.

Pembekalan dan motivasi ini disampaikan oleh Dr. Iwan Achmad Zunaih pada  acara worshop yang digelar di  GOR Bin Tholib, Desa Druju, Ujung Pangkah Gresik.  Dihadiri sekitar 150 orang yang terdiri dari  guru, petani, pelaku UMKM, struktur desa Druju dan masyarakat umum. Pada kesempatan ini pria yang juga anggota DPRD Provinsi Jatim dari fraksi Nasdem menyempatkan untuk  membagi kiat kiat sukses membuka usaha.

“ Yang  pertama niat , tekat dan semangat. Tanpa ini, jangan berharap akan meraih sukses usaha dengan mudah. Kurangnya semangat dan kesungguh sungguhan sering menjadi kendala utama yang selama ini membuat orang gagal memulai usaha. Yang perlu difahami, usaha itu selain maisyah juga ibadah” kata laki laki yang juga menjadi salah satu pengurus di PP Sunan Drajat, Paciran Lamongan.

“ Jangan lupa harus pintar pintar menangkap peluang. Membaca setiap kesempatan yang  datang  dan memanfaatkan, karena peluang dan kesempatan tidak datang dua kali. Jangan ragu untuk memulai usaha. Memulai dari kecil dulu, pelan pelan akan menjadi besar. Karena tidak ada sukses yang datang secara instant, semua membutuhkan proses. Proses inilah yang akan  mendewasakan dan membangun kepiawaian usaha. Dari proses yang terus terusan ditekuni,  akan memberikan  banyak pelajaran berharga. Sehingga akan semakin matang pengetahuan  dan pemahaman membangun usaha” tambah Rektor Insud Lamongan ini.

 Yang tak kalah penting, generasi muda harus mampu  mempertahankan kearifan lokal yang sudah turun-temurun dari nenek moyang, banyak anak muda yang menggantinya dengan pandangan-pandangan dari luar yang justru belum tentu ada benarnya atau bahkan hanya akan merusak kearifan lokal yang sudah ada. Sayangnya, seiring berjalannya waktu, sama seperti kebanyakan adat, tradisi, dan budaya, kearifan lokal yang ada di berbagai daerah semakin banyak yang tergerus zaman.

Terakhir, ia tetap mengingatkan agar pemula usaha tetap memiliki sifat gigih  dan pantang menyerah. Karena gagal di awal awal usaha merupakan  hal lumrah yang dialami semua orang yang memulai usaha. Itulah pentingnya tetap menjaga semangat kerja dan usaha untuk  terus memacu semangat agar mendapatkan hasil maksimal.

Ciri wirausahawan yang sukses harus memiliki jiwa sosial dan moral tinggi. Harus memiliki empati dan kepekaan tinggi terhadap kondisi llingkungan sekitarnya. Jiwa sosial diperlukan agar seseorang memiliki  jiwa welas asih dan rajin berbagi dengan sesama. Ditambah moral yang tinggi membuat seorang pengusaha tetap mampu menjaga  perilaku, perbuatan yang positif. Tindakan apapun dilakukannya tetap di atas koridor  tuntunan ahlak yang mulia.*

1.Gor Bin Tholib Druju ujung pangkah

Pokok materi :

1. Utk memulai usaha harus dimulai dari tekad dan swmangat, kabanyakan dr itu takut memulai

2. Usaha itu selain untuk mencari ma'isyah usaha adalah ibadah

3. Sukses berusaha itu harus memiliki kemampuan menangkap peluang

4. Memulai dr yg kecil utk menjadi yg besar

5. Pantang menyerah

6. Usahawan yg sukses harus memiliki jiwa sosial dan moral tinggi

7. Dll