Berita
Anggota Komisi C DPRD Jawa Timur H.Akik Zaman
Komisi C

Anggota Komisi C Akik Zaman Disambati Warga Soal Rentenir Gentayangan

Anggota Komisi C DPRD Jawa Timur H.Akik Zaman diwaduli para nelayan dan petani terkait kesulitan mendapatkan bantuan lunak dari Pemerintah.

Rofik Hardian Selasa, 18 Juli 2023

Anggota Komisi C DPRD Jawa Timur H.Akik Zaman diwaduli para nelayan dan petani terkait kesulitan mendapatkan bantuan lunak dari Pemerintah dan akhirnya mereka terpaksa mengambil jalan untuk mendapatkan pinjaman dari para rentenir. Hal ini dilakukan agar usaha mereka tetap jalan meski bunganya sangat tinggi.

Menurut Legislator Fraksi PKB DPRD Jatim dirinya sangat prihatin karena kasihan para nelayan dan para petani.Mereka sudah bekerja keras untuk mencari rejeki tetapi harus mengembalikan uang yang mereka pinjam tersebut ke rentenir.

"Bank UMKM maupun Bank Jatim harus memberikan anggaran yang ada untuk para petani dan nelayan .petani dan nelayan jangan di persulit administrasi untuk mendapatkan pinjaman lunak. Beri kemudahan agar mereka tetap bertahan hidup di tengah kesulitan ekonomi," ucap akik Zaman saat Serap Aspirasi di Situbondo pada Rabu (12/7/2023).

Keluhan-keluhan yang terjadi di masyarakat saat ini persoalan stabilitas pangan, hasil panen, nilai tukar petani dan nelayan sangat kecil sehingga masyarakat banyak yang menjerit.

"Saya berharap di setiap sentra-sentra nelayan atau petani di sediakan lembaga permodalan yang bekerja sama dengan Pemprov sehingga ini juga bisa meminimalisir keberadaan Rentenir," pungkasnya .